Polres Bengkulu Apel Antisipasi Bencana

RIZKY/BE
Kapolres Bengkulu didampingi Plt Walikota Bengkulu melakukan pengecekan peralatan apel gelar kesiapan antisipasi bencana di Sport Center, Pantai Panjang, Kamis (12/11)

BENGKULU, BE – Polres Bengkulu melakukan apel gelar kesiapan antisipasi bencana di Sport Center, Pantai Panjang, Kamis (12/11). Kegiatan ini juga diikuti Kodim 0407 Bengkulu, Basarnas, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Tagana.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan jika Kota Bengkulu terjadi bencana alam. Karena sesuai peringatan dari BMKG, fenomena La Nina bisa berdampak pada hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana alam banjir atau tanah longsor.

Untuk memastikan kesiapan personel Polres Bengkulu, TNI dan Pemerintah Kota Bengkulu perlu dilakukan persiapan agar semuanya siap jika sewaktu-waktu bencana alam terjadi.

“Apel gelar pasukan kita lakukan sebagai antisipasi bencana. Polres Bengkulu, TNI dan Pemkot Bengkulu perlu mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di Kota Bengkulu,” ujar Kapolres Bengkulu, AKBP Pahala Simajuntak SIK kepada BE usai apel Kamis (12/11).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, Kota Bengkulu pernah dilanda bencana banjir besar pada 2019. Jangan sampai dengan adanya riwayat bencana tersebut, Polres Bengkulu dan Pemkot Bengkulu tidak memiliki kesiapan, baik itu jumlah personel atau peralatan yang digunakan untuk membantu atau mengevakuasi korban bencana alam. Untuk itu seluruh pihak terkait harus bersinergi sebagai langkah persiapan dan antisipasi menghadapi bencana alam.

“Tahun lalu Kota Bengkulu dilanda banjir besar. Tentunya kita perlu antisipasi, mempersiapkan semuanya untuk menghadapi jika terjadi bencana alam. Sekaligus untuk mengingatkan kita semua agar waspada dan siaga,” imbuh Kapolres.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi, mengapresiasi langkah Polres Bengkulu melakukan apel kesiapan antisipasi bencana alam. Karena, Kota Bengkulu termasuk daerah rawan terjadi bencana alam, terutama banjir. Dengan adanya persiapan dari aparat penegak hukum dan pemerintah daerah diharapkan bisa meminimalisir dan mengurangi dampak dari bencana alam. Plt Walikota berharap seluruh instansi terkait bisa bersinergi selalu siap siaga.

“Daerah kita rawan bencana, untuk itu semua pihak harus siap siaga untuk meninimalisir dampak bencana alam,” pungkas Plt Walikota.

Apel gelar kesiapan antisipasi bencana tersebut melibatkan tiga pleton personel Polres Bengkulu, satu pleton personel TNI AD, Satu pleton personel Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Basarnas, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Pramuka. Setidaknya melibatkan lebih kurang 300 orang dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. (167)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*