Polres Antisipasi Rusuh Pilkada

=FOTO 2: LATIHAN=
IRUL/Bengkulu Ekspress
LATIHAN: Anggota Polres Kaur saat mengikuti pelatihan teori Dalmas di aula Mapolres Kaur, Selasa (10/12).

Siapkan Pasukan Dalmas

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sudah dekat, oleh karenanya untuk menjaga keamanan saat Pilkada mendatang, Polres Kaur menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas), Selasa (10/12). Latihan yang melibatkan beberapa gabungan anggota di jajaran Polres Kaur itu berupa teori dan praktek.

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menghadapi aksi unjuk rasa serta kesiapan dalam menghadapi keadaan genting,” kata Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat SIK melalui Kabag Ops Eka Chandra SH MH, saat memberikan teori pelatihan Dalmas di aula Mapolres Kaur, kemarin (10/12).

Dikatakan, dalam pelatihan ini anggota diberikan tentang cara menangani pengendalian massa yang benar di ruang aula, kemudian dilanjutkan dengan praktek di lapangan Mapolres Kaur dengan menggunakan alat berupa tameng dan tongkat serta alat pengaman lainnya. Latihan ini rutin dilakukan sebagai persiapan untuk Pilkada yang sudah semakin mendekat.

“Untuk hari ini masih sebatas teori dan besok (hari ini, red) praktek di lapangan. Latihan ini merupakan persiapan kalau terjadi demo massa, baik yang terjadi pada tahapan Pilkada maupun pasca pemungutan suara,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam latihan tersebut didukung dengan sarana dan prasarana berupa satu kompi perlengkapan Dalmas satu unit kendaraan roda empat angkut perlengkapan dan satu set sound system. Sebab dengan latihan ini, seluruh peserta latihan berupaya seperti benar-benar dalam menghadapi situasi yang sangat genting, sehingga pada latihan tersebut juga mengerahkan seluruh pasukan dan peralatan yang dimiliki.

“Saya harap kepada anggota yang terlibat dalam pelatihan ini agar benar-benar serius mengikuti pelatihan ini. Berbagai sistem pengamanan massa dari tingkatan yang paling ringan hingga kemungkinan terjadinya aksi anarkis dan kekerasan, sudah harus bisa diantisipasi dari sekarang,” jelasnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*