Polisi Tindak Sweeping Ormas

ilustrasi polisiiiiiiSELUMA TIMUR, BE-Polres Seluma malarang organisasi masyarakat (Ormas) melakukan aksi sweeping dalam bulan Ramadan. Kepolisian menegaskan tidak ada alasan untuk bertindak anarkis, namun jika masih terjadi maka kepolisian polres Seluma akan menindak tegas Ormas.
“Kendati jika ada seperti aksi ini maka akan ditindak serta masyarakatpun juga tidak bisa main hakim sendiri terhadap sejumlah aksi ormas tersebut,” tegas kapolres Seluma AKBP PL Gaol SIK melalui kabag Ops Kompol Gunar rahadyanto SIK.
Dijelaskan, dibulan penuh rahmah ini pasti ada kebijakan tertentu dari pemerintah daerah yang sudah pasti bakal didukung penuh oleh Polri. Misalnya, tentang penutupan lokasi hiburan malam, pengaturan jam buka warung makanan, dan sejumlah aturan lain.  Pemda tentu sudah menyiapkan aparatnya, yakni Satpol PP, untuk menegakkan aturan tersebut. Nah, Polri bakal mem-back up kekuatan Satpol PP untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
“Kita akan mendukung apapun bentuk kegiatan Pemda serta membantu dari segi pengaman, serta  kemudian melarang sweeping yang tidak sah dalam tanda kutip, terhadap apapun yang ada,” ujarnya.
Karena itu, polisi bakal menindak ormas apapun yang melakukan sweeping selama bulan Ramadan dikabupaten Seluma ini. Terutama bila sweeping yang dilakukan sudah menjurus ke arah anarkisme. Lain halnya jika ormas tersebut sekedar memberitahu, mengingatkan, mengawasi, atau menegur secara santun.
“Yang ditindak adalah oknum yang melakukan. Ormasnya tidak melakukan, tapi oknum yang melakukan,” lanjutnya. (333)