Polisi Sita 5 Derigen Tuak

1. dirigen tuak saat diamankan anggota Polsek Gading Cempaka (1)BENGKULU,BE- Operasi Penyakit masyarakat (Pekat)  2013 oleh Polda Bengkulu dan jajaran masih terus digelar disejumlah wilayah. Salah satunya oleh Polsek Gading Cempaka. Sejak menjelang Bulan Ramadhan lalu, Polsek Gading Cempaka telah berhasil mengungkap dan menyita sekitar 150 liter minuman keras tradisional Jenis Tuak. Miras itu disimpan dalam 5 jerigen. Polisi menyitanya dari salah satu kedai tuak di kawasan sekitar Panorama pada Sabtu (19/7) lalu.
Kapolres Bengkulu AKBP Iksantyo Bagus Pramono SH MH, melalui Kapolsek Gading Cempaka, AKP Mayndra Eka Wardhana, SH,S.Ik menjelaskannya, “Dari hasil operasi yang kita lakukan kemarin sore kita berhasil mengamankan 5 dirigen tuak. Miras itu telah kita amankan di Mapolsek Gading Cempaka,”ungkap Kapolsek.
Selain menyita minuman tuak polisi juga mendata  para pengecer, pedagang, dan agen yang terbukti menjual tuak. Mereka tidak ditahan, hanya diberikan  pembinaan agar tidak mengulangi perbuatanya, menjual tuak itu kembali.
“Jika terulang kembali mereka masih saja menjual tuak, baru kita tindak tegas,”ujarnya
Dikatakan kapolsek oprasi ini rutin digelar, guna  mencegah hal tak diinginkan terjadi selama Bulan Ramadhan ini.
Kapolsek meminta masyarakat untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumis tuak dan minuam keras lainnya. “Memang tuak ini kadar alkoholnya hanya 6 persen, namun jika sudah mabuk efeknya bukan hanya meresahkan warga, juga sangat berbahaya. Banyak tindak kriminal seperti pembunuhan terjadi   diakibatkan mabuk tuak,”tutup AKP Mayndra.(618)