Polisi Buru ‘Otak’ Pencuri Besi Sutet

foto:IST

SUKARAJA, Bengkulu Ekspress – Sekalipun sudah mengamankan enam tersangka pencuri besi plat penyambung pada tower penghubung Saluran Udara Tegangan Ektra Tinggi (Sutet). Penyidik Polsek Sukaraja terus mengembangkan kasus ini. Polisi pun mendapatkan nyanyian dari enam tersangka pencurian 20 pisc plat Sutet itu masih terdapat satu pelaku lainnya sebagai otak pencurian masih melenggang bebas. Tim Buser pun kini memburu yang bersangkutan hingga ke lokasi persembunyian pelaku.

“Masih ada pelaku utama yang belum berhasil di ringkus. Masih kita kejar hingga ke persembunyian pelaku,” tegas Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana SIK melalui Kapolsek Sukaraja Iptu Noviaska SSos MM kepada BE Dijelaskan, sejauh ini enam tersangka yang sudah diamankan mengakui perbuatannya telah mencuri besi Sutet itu.

Termasuk menerangkan peran dari masing-masing pelaku tersebut. “Uang hasil penjualan besi itu mereka gunakan untuk berfoya foya,” imbuhnya. Diketahui, Tim Sat Reskrim Polsek Sukaraja, sudah mengamankan tersangka FS (16), RD (16), Se (16) Ri(16), Da (17), serta Ali (28). Mereka warga Padang Kuas yang berasal dari Rupit Musirawas, Pagar Alam, dan Lintang 4 lawang.

Modus pencurian merela dengan mengambil plat besi penyambung tiang Sutet. Dengan cara melepas baut pengunci Sutet itu. Mereka pun memanjat tower untuk mengambil besi yang posisinya tinggi. Sutet yang paling banyak hilang besinya berada dititik 57 dan 53.

Dari pengakuan para tersangka pencurian plat besi penyambung tiang Tower Sutet tersebut, juga mereka lakukan dibeberapa titik tower Sutet lainnya. Yakni di titik 44 Kel Babatan, di titik 48,49,52,53 Desa Air Petai, di tiitik 54, 55, 56 dan 57 Desa Padang Kuas. Dijelaskan, jika tower sutet ini penghubung dari PLTU Palau Baii, Teluk Sepang, Kampung Bahari, Riak Siabun, babatan, Talang Alai, padang Kuas hingga ke Padang Ulak Tanding (PUT). (333)