Polisi Bantu 3 WNA Kesasar

IST/BE
Tiga WNA yang sempat kesasar dan dibantu oleh petugas kepolisian dari Polres Rejang Lebong Kamis (26/12) kemarin.

CURUP, bengkuluekspress.com – Jajaran Kepolisian dari Polres Rejang Lebong membantu tiga Warga Negara Asing (WNA) yang kesasar di Kota Curup. Tiga orang WNA yang kesasar di kawasan Kelurahan Dwi Tunggal Kota Curup kemudian dibawa ke Mapolres Rejang Lebong. Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK melalui Kabag Ops AKBP Margopo SH didampingi Paur Humas Ipda A Gunawan menjelaskan ketiga WNA berkewarganegaraan Polandia tersebut pada Kamis (26/12) pagi terlihat seperti kebingungan dan masuk ke kawasan SMPN 5 Rejang Lebong yang ada tak jauh dari Mapolres Rejang Lebong.

“Saat ketiga WNA tersebut terlihat kebingungan dan masuk ke SMPN 5 Rejang Lebong, kemudian adalah salah satu anggota kita dari Sat Intelkam langsung menghampiri mereka,” terang Kabag Ops.

Setelah ditanya-tanya petugas, mereka mengaku tersesat setelah sebelumnya berjalan dari hotel di kawasan Jalan Iskandar Ong Kota Curup. Dimana dari hotel mereka berjalan kaki ke Kelurahan Adirejo hingga keluar di Kelurahan Dwi Tunggal yaitu di SMPN 3 Rejang Lebong. “Karena mereka ngaku kesasar, kemudian oleh anggota Sat Intelkam ketiganya dibawa ke bagian Humas,” terangnya. Petugas Sat Intelkam langsung mendatangi mereka saat akan masuk ke SMPN 5 Rejang Lebong, menurut Kabags Ops guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan baik bagi masyarakat Rejang Lebong maupun dari pihak WNA sendiri.

Kemudian setelah dilakukan pendataan oleh petugas Humas Polres Rejang Lebong, ketiga WNA tersebut yang terdiri dari dua laki-laki dan satu orang wanita tersebut masing-masing bernama Maciej Maria (27), Kamil Karol (26) dan Anna (26). “Dari pengakuan mereka, mereka baru semalam di Rejang Lebong bahkan sore nanti (kemarin sore) mereka akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Lebong,” terang Kabag Ops. Menurut Kabag Ops, berdasarkan pengakuan ketiganya, mereka sudah berada di Indonesia sejak tanggal 16 Desember lalu, tujuan mereka datang ke Indonesia hanya untuk berlibur saja, karena dari dokumen yang mereka tunjukkan salah satunya adalah visa kunjungan wisata.

Hanya saja dalam berwisata termasuk ke Rejang Lebong tersebut mereka tidak menggunakan jasa pemandu wisata, namun mereka berjalan sendiri. Dalam kesempatan tersebut ketiganya juga mengaku ingin mengetahui sejauh mana kinerja dari pihak kepolisian dalam hal ini Polres Rejang Lebong terutama dalam melayani masyarakat. “Karena mereka juga ingin mengetahui sejauh mana pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat, sehingga setelah kita minta identitasnya, ketiga WNA tersebut kita antar ke Pospam Bang Mego, kebetulan saat ini masih adalah operasi Lilin Nala 2019,” papar Kabag Ops. (251)