Polisi Bakal Periksa Kepala BKD

gambar ilustrasi
gambar ilustrasi

KOTA MANNA, BE – Polres BS terus melakukan pengusutan kasus dugaan adanya surat palsu pada mutasi pejabat di lingkungan Pemkab BS beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pihak penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap Sekkab BS Drs Zainal Abidin Merahli dan  juga beberapa pejabat lainnya. Lalu Rabu kemarin pihak penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap Kabid Pengembangan Jabatan dan Mutasi  Sulaiman  Efendi SSos dan stafnya Hilman Jayadi, serta mantan Kabid Pengembangan Jabatan dan Mmutasi Drs Tries Bandono. Setelah itu penyidik Polres BS akan melakukan pemeriksaan terhadap Kepala BKD BS yakni Ahmat Wa’if MPd.

Kapolres BS, AKBP Yohanes Hernowo SIK MH ketik dikonfirmasi membenarkan rencana tersebut. “Dalam waktu dekat ini kami akan meminta keterangan dari Kepala BKD,” ujarnya tanpa menyebutkan hari dan tanggal pemeriksaan tersebut.

Dikatakannya, pemeriksaan terhadap Kepala BKD itu berkaitan dengan adanya surat palsu mutasi pejabat eselon III beberapa waktu lalu. Pasalnya pada saat itu ada 2 nama pejabat yang dimutasi akan tetapi saat pelantikan namanya tidak keluar. Polisi menyelidiki oknum pejabat yang melakukan  perubahan nama pejabat yang akan dimutasi tersebut. “Keterangan dari Kepala BKD sangat diperlukan untuk mengungkap pejabat yang memalsukan surat tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Jabatan dan Mutasi BKD, Sulaiman Efendi usai diperiksa penyidik Rabu (23/1) lalu mengungkapkan, dirinya tidak tahu mengenai 2 nama pejabat yang tidak jadi dimutasi tersebut. Dia beralasan karena dirinya dimutasi sebagai Kabid Pengembangan Jabatan dan Mutasi itu setelah mutasi Sabtu (19/1) lalu. “Saya baru menjadi kabid ini usai pelaksanaan mutasi lalu, jadi saya tidak tahu prosesnya dan nama-nama pejabat yang bermasalah,” katanya usai menjalani pemeriksaan.

Sedangkan Drs Tries Bandono yang saat mutasi lalu menduduki jabatan sebagai Kabid Umum di Sekretariat Pemkab BS belum bisa dihubungi. Pasalnya usai menjalani pemeriksaan penyidik, dirinya langsung buru-buru masuk ke mobilnya dan langsung pergi meninggalkan Mapolres BS.(369)