Polda-Pelindo MoU Pengamanan Objek Vital Perekonomian

Ist/BE
Polda Bengkulu menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pelindo II Cabang Bengkulu terkait pengamanan objek vital

BENGKULU, bengkuluekspresss.com – Polda Bengkulu dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Bengkulu menandatangani nota kesepahaman atau MoU terkait pengamanan objek vital di Aula Command Center Polda Bengkulu, Selasa (9/6).  Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi mengatakan, Pelindo II Cabang Bengkulu salah satu BUMN yang berperan meningkatkan perekonomian nasional, terutama Provinsi Bengkulu. Tujuan dilakukannya MoU pengamanan tersebut agar semua kegiatan Pelindo II berjalan lancar, terutama kegiatan yang mendukung perekonomian dan pembangunan Provinsi Bengkulu. Kapolda juga berpesan, dengan adanya MoU tersebut, kegiatan ekspos dan impor di Provinsi Bengkulu bisa meningkat.

“Tugas Polri kan melakukan pengamanan, kamtibmas. Pelindo II ini salah satu objek vital nasional, tugas Polri mengamankan objek vital tersebut agar semua kegiatan berjalan lancar. Salah satu harapannya, agar kegiatan ekspor dan impor meningkat di Bengkulu,” jelas Kapolda.

Dengan adanya MoU tersebut, Kapolda juga berharap terjalin kemitraan yang erat antara Polda Bengkulu dan Pelindo II Cabang Bengkulu. Nantinya MoU yang sudah disepakati tersebut bisa dijadikan pedoman dalam pelaksaan tugas dilapangan. Mulai dari kegiatan preemtif, prefentif sampai penegakan hukum harus diterapkan secara profesional. Untuk itu harus ada kerjasama yang baik untuk mengoptimalkan pengamanan, tujuannya meminimalisir timbulnya gangguan kamtibmas yang bisa menganggu operasional yang terkait dengan pembangunan dan perekonomian Provinsi Bengkulu.

“Polda Bengkulu dan Pelindo II harus kerja sama untuk menerapkan MoU tersebut,” imbuh Kapolda.

Semetara itu, General Manager PT Pelindo II, Silo Santoso mengatakan, MoU tersebut memiliki jangka waktu dua tahun, jika berakhir akan segera di perpanjang. Dengan adanya MoU dengan Polda Bengkulu minimal masyarakat atau perusahaan yang ingin melakukan kegiatan ekonomi memiliki jaminan atau koridor yang jelas. Secara tidak langsung dengan adanya MoU tersebut, Pelindo II berkomitmen untuk menjadi lebih baik lagi untuk mengembangkan perekonomian, berkontribusi untuk memajukan perekonomian Provinsi Bengkulu.

“Kita ingin menjamin bahwa melakukan kegiatan ekonomi di Bengkulu memiliki koridor yang jelas dengan adanya MoU dengan Polda Bengkulu,” jelas Silo.

Selain Polda Bengkulu, Pelindo II sudah memiliki mitra yang cukup banyak. Mulai dari perusahaan pelayaran, perusahaan bongkar muat, perusahaan eksportir dan importir, perusahaan yang tergabung dalam asosiasi serta pengusaha. Pelindo II berharap dengan adanya MoU terkait pengamanan objek vital tersebut perekonomian Bengkulu terus meningkat sehingga bisa memberikan dampak yang positif bagi kemajuan Provinsi Bengkulu. “Sudah banyak yang menjadi mitra kita, pada intinya kita ingin memberikan dampak yang positif untuk Bengkulu,” pungkas Silo.(167)