Polda Kerahkan, 800 Personel

RIO/Bengkulu Ekspress PENGAMANAN PEMILU: Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman melepas 800 personil Polda Bengkulu yang akan di BKO (Bantuan Kendali Operasi) kan ke-9 Polres jajaran untuk pengamanan pemilu 2019 dalam apel di Mapolda Bengkulu, Senin (15/4).

BENGKULU,Bengkulu Ekspress -Untuk menciptakan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang aman, damai dan lancar, pada H -2 Polda Bengkulu pada Senin (15/4) pagi memberangkatkan ratusan personil untuk melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Provinsi Bengkulu.  Total ada 800 lebih personel akan diterjunkan langsung ke 9 Polres di Provinsi Bengkulu untuk proses pengamanan pemungutan suara di TPS tersebut.

“Pelepasan para personil ini kita awali dengan upacara pergeseran pasukan (Serpas). Upacara ini untuk mengecek kesiapan para personel dan sarana prasarananya. Terkait nantinya mau ditempatkan dimana itu mekanismenya langsung sama Kapolres didaerah masing-masing,” terang Kapolda Bengkulu, Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol), Drs Suprarman MH, seusai memimpin apel di lapangan Mapolda Bengkulu, kemarin (15/4).

Kapolda juga memerintahkan para anggotanya untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya serta mewujudkan situasi kamtibnas yang kondusif. Juga melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan intelijen untuk mengetahui dinamika yang terjadi di masyarakat. “Tugas pokok kita dalam hal ini hanya mengamankan kegiatan Pilpres dan Legislatif pada 17 April besok agar berjalan aman dan damai. Kita harapkan juga anggota ini melakukan komunikasi aktif kepada masyarakat dan anggota PPS, agar jika ada permasalahan langsung mendapatkan informasi untuk ditindaklanjuti bersama Bawaslu dan KPU setempat,” tambahnya.



Supratman juga mengatakan, ada juga perwira yang akan menjadi pamatwil diwilayah masing masing untuk melakukan pengawasan dan juga monitoring atas pengamanan tersebut. “Secepatnya geser ke TPS masing-masing, karena tugas pokok kita adalah mengamankan, sehingga waktu hari H nanti semua sudah terkondisikan,” jelasnya. Selain itu, Kapolda kembali menegaskan dan meminta kepada seluruh personilnya untuk menjaga netralitas dan tidak ada yang boleh ikut berpolitik untuk memenangkan salah satu peserta pemilu.

“Kita harus netral, tidak boleh berpihak kepada salah satu peserta, tugas kita hanya mengamankan pemilu ini agar berjalan sukses dan lancar,” tutur Supratman.

Untuk diketahui, dari 800 personel tersebut akan tersebar di 9 Polres yakni Polres kota sebanyak 102 personel, Polres Bengkulu Utara sebanyak 159 personel, Benteng sebanyak 124 anggota, Polres Bengkulu Selatan sebanyak 85 personel, Polres Rejang Lebong sebanyak 155 personel, Polres Seluma sebanyak 55 personel, Polres Kepahiang sebanyak 55 personel, Polres Lebong sebanyak 55 personel, Polres Kaur sebanyak 55 anggota dan Polres Mukomuko sebanyak 55 anggota yang diperbantukan. (529)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*