Polda Bengkulu Naik Tipe-A

ISTIMEWA/Bengkulu Ekspress
TEMUI: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman saat menemui Kapolri Jendral Polisi M Tito Karnavian bulan Maret lalu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Setelah berhasil mengalihkan pengelolahan Bandara Fatmawati ke PT Angkasa Pura II, dibawah kepemimpinan Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah, Polisi Daerah (Polda) Bengkulu juga berhasil beralih status dari tipe B menjadi tipe A. Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, beralihnya Polda Bengkulu menjadi tipe A, sangat berpengaruh positif bagi kemajuan Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah, tentu ini menjadi harapan kita bersama masyarakat Bengkulu khususnya Polda Bengkulu,” terang Rohidin kepada BE, kemarin (15/10).

Menurut Rohidin, berubahnya Polda Bengkulu menjadi tipe A itu, tidak hanya bertambah personil polisi saja, tapi juga anggaran Polda akan naik. Posisi bergening, koordinasi dengan provinsi tetangga juga bisa setara. “Ini juga membuat Provinsi Bengkulu sama dengan provinsi-provinsi lain,” tambahnya.

Untuk membuat Bengkulu sejajar dengan provinsi lainnya itu, tentu dengan status atau tipe Polda, Korem dan Lanal itu bisa naik tingkat. Karena posisi saat ini juga, untuk Korem 041/Gamas Bengkulu jabatan Danrem sudah disetujui menjadi pejabat berbintang satu.

Begitupun untuk Lanal Bengkulu juga akan dinaikan dari pejabat pangkat Letkol menjadi kolonel. “Berbagai kesempatan ini juga sudah saya sampaikan. Meningkatkan status kelembagaan seperti ini membuat Bengkulu sejajar dengan provinsi lain,” papar Rohidin.

Atas hal tersebut, gubernur berharap dengan kemajuan itu tentu bisa membuat Bengkulu lebih maju dan berkembang. Untuk mewujudkan itu semua tentu, harus mendapatkan dukungan semua pihak. Sehingga kemajuan Bengkulu benar-benar bisa direalisasikan. “Secara keseluruhan itu akan memberikan dampak kepada kemajuan Provinsi Bengkulu. Selamat buat Pak Kapolda Bengkulu dan terima kasih kepada para Kapolri,” tutup Rohidin.



Kapolda Bengkulu Brijen Pol Supratman, melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH mengatakan dengan kenaikan menjadi tipe A akan ada peningkatan pangkat bagi pejabat yang menduduki jabatan di Polda Bengkulu.

Kapolda bakal dijabat Inspektur Jendral Polisi (Irjen), Wakapolda bakal dijabat Brigadir Jendral Polisi (Brigjen), perubahan juga terjadi pada beberapa pejabat utama seperti para Kabid. Jika tipe B beberapa Kabid masih dijabat perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), jika Polda sudah berubah menjadi tipe A maka Kabid bakal dijabat perwira berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes). “Perubahan itu sudah pasti, jika tipe A maka Kapolda akan dijabat Irjen, Wakapolda akan dijabat Brigjen,” imbuh Sudarno.

Meski Polda Bengkulu sudah menjadi tipe A, tetapi Polres jajaran tidak serta merta ikut naik tipe. Polres jajaran akan naik tipe jika ada usulan kenaikan tipe, kemudian ada penilaian dan evaluasi bahwa Polres perlu dijabat perwira berpangkat Kombes. “Tidak serta merta ikut untuk Polres jajaran, nanti akan ada pengusulan sendiri untuk kenaikan tipe,” pungkas Sudarno.

Terkait penambahan personel, bisa dipastikan Polda Bengkulu bakal melakukan penambahan secara berkala. Karena setiap tahun Polda Bengkulu melakukan penerimaan anggota Polri. Infrastruktrur juga menjadi fokus perhatian untuk ditambah, terutama penambahan gedung perkantoran yang saat ini hanya tinggal peresmiannya saja.(167/151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*