Polda Bengkulu Luncurkan Samsat Online

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Ditlantas Polda Bengkulu bekerja sama dengan Jasa Raharja dan Pemda Provinsi Bengkulu, meresmikan program Samsat Digital atau e-Samsat dan pembayaran nontunai. Kini masyarakat bisa membayar pajak kendaraan dan mengurus STNK melalui online tanpa harus mengatri lama di kantor Samsat.Acara peresmian layanan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Adem Mapolda Bengkulu, bersamaan dengan acara syukuran HUT Lantas 2019.

Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman menjelaskan, Samsat online bertujuan memudahkan masyarakat untuk menaati wajib pajak kendaraan dan sebagai cara meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Metode pembayaran pajak dengan cara online sudah bisa diterapkan di Bengkulu. Diharapkan dengan adanya samsat online dapat mempermudah masyarakat Bengkulu dalam membayar pajak disela kesibukan sehari-hari.”Ya, di Bengkulu sudah bisa difungsikan. Kita juga lagi ada program gratis denda pajak. Cukup bayar pokoknya saja, bunganya tidak usah. Ini juga untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak masyarakat Bengkulu,” ucap Kapolda, Senin (23/9/19).

Nantinya dalam sistem Samsat Digital atau e-Samsat ini, masyarakat dalam membayar perpanjangan pajak dan STNK cukup dengan memasukkan nomor polisi kendaraan motor. Setelah itu, data dari nomor polisi tersebut, langsung tersimpan dan terintegrasi dengan Samsat.

Untuk aplikasi Samsat online itu sendiri hanya bisa digunakan melalui handphone android. Cukup dengan mendownload aplikasi Samsat Online di Playstore, masyarakat langsung dapat menikmati kemudahan dalam membayar pajak kendaraan.

Program ini dinilai dapat menekan perilaku koruptif di lingkungan Polri, khususnya di lingkungan Samsat. Program sistem e-Samsat ini sebenarnya sudah digunakan di wilayah Polres Jakarta Selatan, dan dalam waktu dekat turut juga digunakan di provinsi lain di Indonesia. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*