Pol PP Kewalahan Razia Ternak

ANGKUT Dua ekor sapi yang berkeliaran saat terjaring razia Satpol PP diwilayah Kaur Selatan dan diangkut menggunakan mobil, Rabu (88
IRUL/Bengkulu Ekspress
ANGKUT: Dua ekor sapi yang berkeliaran saat terjaring razia Satpol PP di wilayah Kaur Selatan dan diangkut menggunakan mobil, Rabu (8/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Masih banyak hewan ternak yang berkeliaran di Kabupaten Kaur membuat tim penegakan Peraturan Daerah (Perda) kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kaur, kewalahan. Razia terus dilakukan, dalam satu hari Satpol PP berhasil menangkap 2 ekor sapi di wilayah Kaur Selatan, Rabu (8/8).



“Kesadaran masyarakat untuk mengikat hewan ternak khususnya sapi dan kambing masih rendah, dan kita setiap penertiban selalu mendapati ternak berkeliaran. Hari ini (kemarin) dua ekor sapi kita amankan,” kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Jon Harimol SSos melalui Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Edwarman, kemarin.

Dikatakan Edwar, masih minimnya kesadaran warga dalam mengandangkan ternak kaki empat ini membuat anggota Satpol PP kewalahan menertibkan hewan ternak milik waga yang berkeliaran ditempat umum. Sebab setiap personelnya Satpol PP melakukan razia hewan ternak peliharaan warga yang tak jarang kerap kali berkeliaran di tempat umum selalu kewalahan. Kewalahan anggotanya bukan saja menertibkan hewan tersebut, akan tapi minimnya kesadaran masyarakat pemilik ternak yang di anggap bandel.

“Setiap razia hewan ternak seperti sapi dan kambing sebelumnya pernah terjaring razia oleh petugas kita, ketika tertangkap lagi untuk yang kedua kali, ternyata pemiliknya itu-itu saja,” sampainya.

Ditambahkan Edwar, razia hewan ternak peliharaan yang selama ini di lakukan oleh Satpol PP bisa menjadi efek jera pemiliknya. Karena tidak ada dukungan dari semua pihak terutama sekali kesadaran masyarakat pemilik ternak untuk mengkandangkan hewan ternak peliharaannya.

“Kita sudah beberapa kali memperingkatkan para warga yang memiliki hewan ternak untuk diikat, tapi ini masih tetap saja banyak hewan yang liar di jalan raya dan kita tidak akan bosan bosan menertibkan hewan ternak ini,” jelasnya.(618)