Poktan Kaur Dapat Bantuan 155 Unit Alsintan

TIBA: Ratusan Alsintan dari Kementan saat tiba di halaman Dispertan Kaur, Senin (24/8)

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Perhatian pemerintah pusat terhadap Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Kaur cukup besar. Hal ini terlihat dengan terus mengucurnya bantuan dari pusat berupa alat mesin pertanian (Alsintan). Terbaru sebanyak 155 Alsintan berupa Traktor Tangan Roda Dua 50 unit, Traktor Roda Empat 5 unit dan Pompa Air Honda Gx 160 sebanyak 100 unit. Dimana ratusan Alsintan ini sudah tiba di halaman Dispertan Kaur dan siap dibagikan ke para Poktan Kaur.

“Ya untuk bantuan Alsintan dari Kementan itu sebanyak 155 unit sudah tiba di Kaur, dan yang baru sampai lagi hari ini (kemarin itu traktor tangan roda dua 50 unit,” kata Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman SHut MSi, kemarin (24/8).

Dikatakan Nasrul, ratusan Alsintan untuk Poktan Kaur yang sudah ada itu nanti akan segera didistribusikan kepada kelompok tani diseluruh wilayah Kaur. Akan tetapi, sebelum didistribusikan, tentu harus melalui mekanisme yang telah diatur yakni masyarakat tani yang tergabung dalam Poktan mengusulkan proposal ke Dispertan Kaur. Setelah itu baru dilakukan verifikasi dan diberikan bantuan Alsintan tersebut.

“Untuk penerima nanti akan kita lakukan verifikasi terlebih dahulu, dan bantuan ini kita sesegera mungkin kita bangikan dan kini alat ini masih kita raket. Bantuan ini diberikan secara gratis tanpa pungutan biaya,” terangnya
Nasrul menambahkan, sebelum menyalurkan bantuan Alsintan ini. Nanti pihaknya akan melakukan pendataan kelompok tani sebagai calon penerima calon lokasi (CPCL). Dimana bantuan Alsintan dari pemerintah pusat ini berupa hibah tetapi bersyarat. Dimana jika tidak bisa merawat bantuan itu sewaktu-waktu bisa ditarik dan dipindah tangankan ke kelompok tani lain. Juga diharapkan kedepan mesin ini dapat membantu petani dalam meningkatkan hasil panen.

“Bantuan ini merupakan untuk mewujudkan swasembada pangan di Kaur tercapai, dan diharapkan dengan bantuan Alisintan yang banyak di Kaur ini dapat meningkat swasembada pangan di Kaur,”harapnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*