Poktan Ciptakan Racun Rumput

Bakti/Bengkulu Ekspress
Ketua Poktan Sungai Suci, Sumadi saat menunjukkan racun rumput ciptaannya yang berasal dari air kelapa.

BENTENG, Bengkulu Ekspress -Berbagai upaya dilakukan kelompok tani Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk menekan biaya pengeluaran. Salah satunya adalah menciptakan inovasi terbaru berupa racun rumput atau herbisida dari bahan alami.

Ketua Kelompok Tani Sungai Suci, Sumadi menuturkan, Herbisida yang diciptakan olehnya berasal dari air kelapa sebagai bahan utama. Menurut Sumadi, ide cemerlang ini tercipta setelah dirinya mendapatkan informasi atau referensi dari internet.”Hasil informasi yang kami dapatkan, air kelapa bisa dikembangkan menjadi Herbisida,” ungkap Sumadi.

Dijelaskan Sumadi, air kelapa baru bisa dimanfaatkan menjadi Herbisida setelah dicampur dengan beberapa bahan tambahan. Diantaranya, ragi dan belerang.

“Setelah ditambah dengan beberapa campuran, air kelapa mesti disimpan kurang lebih selama 1 (satu) bulan,” tambah Sumadi.

Lebih lanjut, Sumadi mengungkapkan, bahwa Herbisida yang dihasilkan telah mampu membasmi berbagai jenis rumput liar atau gulma yang tumbuh pada lahan pertanian maupun perkebunan warga. Dimulai dari ilalang maupun rumput berdaun lebar lainnya.



“Caranya sangat gampang, Herbisida yang berasal dari air kelapa cukup dicampurkan ke dalam air yang sudah dimasukkan kedalam tank semprot (sprayer,red). Meskipun tak mengetahui takaran ideal, 1 tanki biasa dicampur dengan 1 gelas kecil Herbisida,” terangnya.

Sejauh ini, penggunaan Herbisida baru dimanfaatkan oleh anggota kelompok tani yang berjumlah 20 orang. “Harapan saya, ke depan herbisida dari air kelapa ini bisa lebih dikenal dan dijual kepada masyarakat lain. Ini juga merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan pohon kelapa yang banyak tumbuh di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa,” demikian Sumadi.(135)