Pokdarwis Harus Promosikan Wisata

PELATIHAN Pokdarwis dan beberapa kalangan pencinta wisata kemarin saat mengikuti pelatihan dasar SDM kepariwisataan di aula Hotel Marzuki Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (288 (1)
IRUL/Bengkulu Ekspress
PELATIHAN: Pokdarwis dan beberapa kalangan pencinta wisata kemarin saat mengikuti pelatihan dasar SDM kepariwisataan di aula Hotel Marzuki Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (28/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Lebih dari 30 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan beberapa kalangan pencinta wisata, kemarin (28/8) mengikuti pelatihan dasar SDM Kepariwisataan di Hotel Marzuki Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan. Pelatihan yang digelar Dinas Pariwisata Bengkulu ini dalam rangka mendukung Bengkulu Wonderful 2020. Melalui kegiatan ini Pokdarwis diharapkan agar berperan dalam memperomisikan potensi wisata daerah Kaur.

“Kegiatan ini sebagai bentuk upaya kita untuk mengembangkan wisata terutama yang ada di Kabupaten Kaur,” kata I Gusti Ngurah Putra SE, MM, CHT, narasumber lulusan akademi Industri Wisata Bandung, kemarin (28/8).

Kegiatan yang diselengarakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu berkerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaur, dengan peserta berasal dari berbagai Pokdarwis, pengelola wisata serta kalangan pemerhati wisata lainnya itu, diharapkan nantinya dapat menjadi promotor untuk mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Kaur. Sebab di Kaur sendiri meski wisata yang ada sangat baik dan menarik namun bila tak dipromosikan maka daya jangkau dengan wisatawan sangat lambat.

PELATIHAN Pokdarwis dan beberapa kalangan pencinta wisata kemarin saat mengikuti pelatihan dasar SDM kepariwisataan di aula Hotel Marzuki Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (288 (2)
PELATIHAN Pokdarwis dan beberapa kalangan pencinta wisata kemarin saat mengikuti pelatihan dasar SDM kepariwisataan di aula Hotel Marzuki Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (288 (1)

“Media salah satu wadah untuk promosi, kalau ada kegiatan bidang pariwisata segera undang sejumlah media, sehingga mereka bisa mempublikaskan kepada masyarakat luar tentang wisata yang ada,” imbuhnya.

Selain media konvensional, media sosial juga merupakan wadah promosi wisata lainya. Namun untuk mewujudkan dan menghidnagkan informasi yang menarik, tentu dibutuhkan pengetahuan yang tidak abal abal. Disini dibutuhkan pengetahuan SDM darti informasi yang akan disampaikan ke khalayak ramai. “Makanya dengan kegiatan ini kita harapkan dapat menegtahui dasar-dasar objek wisata yang ada sehingga bisa dijadikan dasar untuk mempromosikan wisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kaur, Azwar SSos yang membuka acara tersebut mengaku, ia sangat berterima kasih kepada pihak Provinsi Bengkulu yang sudah bekerja sama memberikan pelatihan dengan sjeumlah peserta dari berbagai kalangan. Tentunya dnegan diberikannya pelatihan ini nantinya pengetahuan sejumlah peserta akan bertambah sehingga ikut dapat pula mempromosikan wsiata yang ada di Kabupaten Kaur.“Kami juga mengajak sejumlah kalangan untuk sama-sama mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Kaur sehingga bisa go nasional bahkan internasional,” tandasnya.(618)