Pohon Tumbang, Lalu Lintas Bengkulu-Lampung Macet 1 Jam

Ist: TUMBANG
TUMBANG: Warga setempat bersama anggota Polsek Nasal saat melakukan evakuasi pohon yang tumbang melintang di jalan raya Desa Ulak Pandan dan menyebabkan kemacetan lalin Bengkulu-Lampung, Minggu (29/11)

NASAL,BE – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kabupaten Kaur sejak Minggu (29/11) malam hingga pagi, membuat dua pohon besar di pinggir Jalan Desa Bukti Indah dan Ulak Pandan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur tumbang ke jalan raya.

Akibatnya arus lalu lintas (lalin) Bengkulu- Lampung sempat macet hingga satu jam. Akses jalan kembali normal setelah pohon tumbang berhasil dipotong oleh warga bersama anggota Polsek setempat.

“Untuk pohon yang tumpang di dua titik desa Ulak Pandan dan Bukit Indah yang sempat membuat macet lalin itu sudah kita bersihkan bersama warga. Kini lalin Bengkulu-Lampung sudah normal lagi,” kata Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono SIk MH melalui Kapolsek Nasal IPTU Danang Purwanto SH pada BE , Minggu (29/11).

Dikatakan Kapolsek, pohon tumbang itu terjadi Minggu (29/11) sekitar pukul 09.00 WIB saat hujan dan angin deras menguyur wilayah Kaur. Warga sekitar bersama anggota Polsek Nasal berusaha menyingkirkan pohon tersebut dari tengah jalan hanya menggunakan peralatan seadanya, sehingga membutuhkan waktu sekit
ama untuk memotong pohon itu. Pohon itu sebelum berdiri kokoh dan dipangkal pohon pun tidak tanda- tanda akan roboh, hanya saja karena angin berhembus cukup kencang membuat pohon tersebut roboh ke arah badan jalan dan rantingnya juga menimpah kabel listrik hingga membuat aliran listrik padam.

“Pohon ini sudah tua dan tidak pernah dipangkas. Diterpa angin kencang, akhirnya roboh. Untuk pohon yang tumbang sudah dievakuasi dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,”terangnya Kapolsek.

Ditambahkan Kapolsek, dengan kondisi cuaca yang ekstrem ini ia kembali menghimbau kepada pengendara agar lebih waspada, terutama jalur itu merupakan daerah perbukitan serta sungai yang rawan terjadinya bahaya tanah longsor dan pohon tumbang. Mengingat tingginya curah hujan dan angin kencang yang terjadi saat ini.

“Kini musim hujan dan rawan longsor serta banjir, kita minta kepada pengendara khususnya pengendara motor untuk lebih berahati-hati terhadap jalur rawan longsor dan pohon tumbang,” imbaunya.

Dilain sisi, GM Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Bintuhan Kabupaten Kaur Novian Parlindo, saat dikonfirmasi membenarkan jika beberapa kecamatan tersebut mengalami mati lampu. Hal ini dikarekanakan cuaca buruk dan ranting pohon tumbang itu mengenai kabel listrik di desa Ulak Pandan. Akibat kejadian tersebut, PLN harus memadamkan aliran listrik untuk memperbaiki jaringan tersebut.

“Listrik gangguan karena ada kabel kena ranting pohon yang tumbang dan juga gangguan lain karena faktor cuaca. Untuk jaringan listrik sedang dalam perbaikan dan kita usahkan secepatnya listrik normal lagi,” tandasnya. (618)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*