Pohon Tumbang di Pantai Panjang

Pohon tumbang di kawasan Pantai Panatai Panjang.BENGKULU, BE РAngin kencang melanda Kota Bengkulu kemarin sore hingga malam tadi menyebabkan pohon cemara laut di kawasan Pantai Panjang Bengkulu, tumbang.  Pohon tumbang itu tepat di depan Hotel Pantai Pajang.

Akibatnya, kemacetan pun tak terelakkan karena pohon yang berdiamer sekitar 30 cm itu melintang di tengah jalan.
Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB malam, beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.  Pantauan BE, warga sekitar berusaha menyingkirkan pohon tersebut dari tengah jalan hanya menggunakan peralatan chain saw milik Syamsuri (50) warga setempat.

“Pohon ini roboh karena angin cukup kencang, beruntung tidak menimpa pengguna jalan karena kebetulan tadi jalan sedikit sepi,” aku Syamsuri disela-sela memotong pohon yang melintang di tengah jalan itu.

Ia mengaku pohon itu sebelumnya berdiri kokoh dan dipangkal pohon pun tidak tanda-tanda akan roboh, hanya saja karena angin berhembus cukup kencang membuat pohon tersebut tak mampu bertahan hingga akhirnya roboh ke arah badan jalan.

“Kami sudah menghubungi petugas Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota, tapi hingga setengah¬† jam pohon ini tumbang, mereka belum datang juga sehingga kami memilih bergotong royong memotong dan menyingkirkan pohon ini dari badan jalan,” ujarnya.

Di bagian lain, Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi dan Stasiun BMKG Pulau Baai Bengkulu, Sudiyanto SP, mengatakan bahwa saat ini intensitas angin di wilayah Kota Bengkulu dan sekitar memang berhembus di atas normal dengan kekencangan mencapai 25-30 knot/jam, sedangkan normalnya hanya 15-20 knot/jam.

“Memang kita akui bahwa angin cukup kencang di kota Bengkulu mulai siang tadi, namun puncaknya terjadi sore ini (kemarin,red),” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, terutama saat dalam perjalan karena pohon dan baliho bisa saja roboh akibat badai tersebut. Dan menurutnya, kondisi ini akan terus terjadi hingga 3 hari kedepan. (400/cw5)