Pohon Roboh Ganggu Lalu Lintas di Bengkulu Selatan

IST/BE
ROBOH: Pohon roboh di jalan Fatmawati daerah Palak Sarak, Kota Manna ganggu akses lalu lintas.

KOTA MANNA, BE – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Bengkulu Selatan (BS), mulai Sabtu (28/11) pagi hingga siang hari menyebabkan pohon tumbang. Pohon ini jatuh menghadang jalan dan menyebabkan akses lalu lintas terganggu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS, Yarusdi Yunir SSos menuturkan kepada BE Sabtu (28/11), ada dua titik pohon tumbang yang mengganggu akses lalu lintas.

“Pohon tumbang yang menghadang jalan di Palak Sarak, Kota Manna dan jalan lintas Provinsi di Desa Karang Cayo Cayo, Pino Raya,” katanya.

Dikatakan Yarusdi, setelah mendapat informasi pohon tumbang, tim BPBD langsung menuju lokasi. Setiba di daerah Palak Sarak, dibantu anggota Mapolsek Kota Manna, mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Begitu juga di jalan lintas di Desa Karang Cayo, juga dibantu warga setempat dan anggota Mapolsek Pino Raya mengevakuasinya. Tidak berselang lama, semua material kayu berhasil dipotong dan disingkirkan dari badan jalan.

“Saat ini akses lalu lintas sudah normal kembali,” ujarnya.

Yarusdi menambahkan, saat ini sedang musim penghujan. Terkadang disertai angin kencang. Oleh karena itu, jika ada pohon di dekat rumah agar bisa diteban, sehingga tidak roboh menimpa rumah atau orang yang ada di dekatnya.

Kemudian, disaat musim penghujan jalan di wilayah Kecamatan Ulu Manna, rawan terjadi longsor. Oleh karena itu, jika sedang melintas di jalan tersebut agar selalu waspada, agar kita tidak tertimbun longsor. Tidak hanya itu, bagi nelayan juga harus waspada, sebab saat ini ombak sedang besar. Jika menerjang perahu, maka bisa menyebabkan perahu nelayan terbalik dan bisa berakibat fatal bagi para nelayan itu sendiri.

“Saat ini cuaca sedang tidak menentu, saya harap kita semua waspada, agar tidak menjadi korban bencana alam,” harap Yarusdi. (369)

 

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*