PO SAN Hadirkan Mobil Kelas Dunia

peserta Joybus berfoto bersama dengan bus Scania berkelas dunia (3)BENGKULU, BE – PT Siliwangi Antar Nusa (SAN) kembali memanjakan pelanggan setianya dengan menghadirkan mobil baru berteknologi kelas dunia. Kendaraan ini mengutamakan kenyaman dan keselamatan penumnpangnya. Mobil baru yang SAN gunakan ini adalah mobil bus Scania dengan model K360IB-4×2 pabrikan bus Asal Swedia. Dalam pengadaan mobil scania ini, PO SAN bekerja sama dengan PT United Tractor Tbk (UT).

“Dengan adanya mobil Scania ini, kita ingin merubah mindsite masyarakat yang mengatakan perjalanan menggunakan bus itu melelahkan. Dengan bus Scania ini kita jamin justru menyenangkan karena semua desainnya begitu mencerminkan kalau Scania ini merupakan bus Eropa,” ungkap Direktur Penjualan PT SAN Kurnia Lesandri Adnan, saat JoinBus, kemarin (12/7).
Untuk tampilannya bus Scania ini menunjukkan bahwa bus tersebut adalah kelas premium, dan untuk tampilan luarnya masih menggunakan ciri khas bus SAN pada umumnya namun ada penambahan corak di bagian belakang mobil yaitu ditambahnya corak batik Besurek yang merupakan batik khas Bengkulu.
Menurut Bang Andri begitu sapaan akrab Kurnia Lesandri Adnan, dengan adanya desain motif batik besurek menunjukkan bahwa SAN sebagai perusahaan asli Bengkulu namun berkelas nasional tidak melupakan kebudayaan daerah asalnya dan dengan dipasangkannya batik besurek tersebut, SAN membantu mempromosikan kain khas Bengkulu tersebut. Bentuk pintunya berada di depan dan tengah dengan bentuk headlampnya yang sangat modern.
Selain desain luarnya yang sangat luara bisa, desain bagian dalamnya juga tak kalah menariknya kursi yang digunakan menggunakan kursi 2 X 2 yaitu kiri untuk 2 orang dan kanan untuk 2 orang dengan kapasitas mencapai 40 orang. Jok yang digunakan dibalut dengan bahan kulit dengan jahitan yang begitu sempurna yang didominasi oleh warna orange dan merah. Kulit yang digunakan tidak membuat penumpang yang mendudukinya kepanasan, dan desain yang digunakan tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi Indonesia.
Berbagai fitur hiburan yang ada di dalam mobil juga sudah sangat bagus seperti adanya TV, audio dan lain sebagainya sehingga penumpang tidak merasa bosan saat berada di perjalanan. Di sekitaran dashboard depan juga sudah memberikan kesan kalau ini adalah bus premium dimana dashboarnya sudah dilapisi panel kayu.
“Untuk joknya bisa diatur sesuai dengan selera penumpang, dan untuk penumpang yang perjalanan jauh dan ingin buang air besar atau kecil tidak perlu khawatir karena bagian tengahnya ada toilet. Dan untuk yang perokok tidak perlu khawatir karena tersedia smoking room untuk 2 orang yang tetap menggunakan AC sehingga tidak membuat penumpang yang merokok kepanasan,” tambah bang Andri.
Untuk menguji ketangguhan Bus Scania ini di segala medan terutama saat melakukan manuver dan akselerasi, dalam Joinbus yang dilaksanakan kemarin mengambil rute Bengkulu Curup. Dimana dalam perjalanan akan melewati liku sembilan yang medannya sangat terjal. Dalam perjalan seluruh penumpang Joinbus yang terdiri dari San Lovers, perwakilan dari pihak perhotelan, travel biro, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, komunitas bujang gadis Bengkulu, pengusaha Bus dan awak media dimanjakan dengan kenyamanan yang sangat ekstra karena ditopang oleh suspensi udara yang dapat dikontrol secara elektrik (ELC) untuk mengatur tinggi rendahnya bus serta fitur kneeling dan lowering pada suspensi udara yang memudahkan penumpang pada saat memasuki bus. Bus ini juga dilengkapi dengan teknologi comfort shift sehingga saat melakukan perpindahan kecepatan, mesin tetap halus dan nyaman.
Sementara itu fitur keamana yang digunakan dalam bus ini tidak diragukan lagi karena bus Scania ini dilengkapi standar fitur EBS dan APS yang membuat proses pengereman menjadi sempurna dan menutup kemungkinan adanya gagal rem atau rem blong. Untuk medan yang licin, bus ini dilengkapi pengereman ABS dan kontrol traksi sedangkan saat berhenti di tanjakan, pengemudi akan dibantu dengan fitur hill hold. Semua ini juga didukung dengan sasis yang cukup bagus dan kuat. Scania ini menggunakan sasis spaceframe yang kelebihannya dari sisi bagasi bisa memuat banyak barang. Sesekali pengujian stop and go juga dilakukan di jalan yang menanjak dan menurun. Pengeremen bekerja dengan baik saat berkelok-kelok, penumpang di dalam kabin tidak akan merasakan gejala limbung yang besar.
“Mobil ini menjadi kebanggaan sendiri untuk masyarakat Bengkulu, karena PO SAN satu-satunya perusahaan di Sumatera yang menggunakan Mobil dengan kekuatan 360 tenaga kuda ini, dan dengan hadirnya mobil ini sebagai bentuk dukungan SAN terhadap kegiatan HPN 2014 yang akan dihelat di Bengkulu, karena ini merupakan BUS kelas VIP,” papar Bang Andri.
Saat ini SAN sudah memiliki 3 unit mobil Scania, 1 unit akan mulai beroperasi pada hari Minggu ini, dan 2 lagi masih dalam proses finishing di Jakarta. Dan untuk awal ini mobil ini akan melayani rute Bengkulu-Jakarta dengan harga masih normal seperti harga biasanya.
Sementara itu salah satu peserta Joinbus kemarin, Tulus Budi yang juga anggota SN Lovers, mengatakan ia sangat menikmati perjalanan menggunakan bus Scania ini. Karena ia yang hobi melakukan perjalanan menggunakan bus, mendapatkan sensasi berbeda dengan menaiki bus Scania ini. Yang ia rasakan adalah keseimbangan yang sangat stabil berbeda dengan dengan bus pada umumnya. Terlebih lagi dengan kekuatan 360 kuda yang dimilikinya sangat cocok untuk medan yang ada di Sumatra yang sangat terjal dan berliku-liku.
“Pokoknya mantap banget deh, waktu kita melewati liku sembilan tadi tanjakan yang tinggi serta likunya serasa didataran karena kekuatan yang dimiliki mobil ini, dan kenyamanan yang diberikan lain dengan yang lain. kita berharap saja dengan adanya mobil ini didukung oleh perbaikan instruktur jalan oleh pemerintah,” harap Tulus.(251/krn)