40% Penerima Jamkesmas Kaur PNS?

jamkesmasKOTA BINTUHAN,BE- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur saat ini akan mengecek ulang data Jamkesmas. Pasalnya banyak laporan yang mengatakan sekitar 40% penerima kartu itu adalah PNS. Jumlah keseluruhan penerima Jamkesmas mencapai 40.983 jiwa. Sebelum dibagikan ke penerima akan dilakukan pengecekan ulang untuk mencari tahu kebenarannya.

“Kita sudah menerima beberapa desa bahwa ada PNS juga menerima Jamkesmas jelas itu menyalahi peruntukan dan aturan. Karena program itu diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu,” ujar Kadinkes, dr Marlena , kemarin.

Menurutnya, kesalahan pendataan itu berasal dari data pusat. Sehingga saat realisasi di lapangan ternyata banyak PNS yang menerima. Penerbitan kartu Jamkesmas ini berdasarkan data sensus penduduk miskin yang dikeluarkan pihak badan pusat statistik (BPS).Hal ini jelas bukan kesalahan Dinas Kesehatan.”Kita sebenarnya hanya menerima kartu sedang untuk melakukaan pendataan BPS lalu Dinkes pusat mengacu kepada data BPS,” jelasnya.

Dikatakanya,pihak Dinkes tidak melakukaan pendataan warga miskin. Hanya saja jika pun mengusulkan kepada pusat, data yang dipakai bukan data Dinkes melainkan tetap data BPS.”Ini merupakan petunjuk pusat,kita hanya mengikuti. Namun demikian tetap akan kita cek kelapangan untuk mendata ulang kembali,” terangnya.

Saat ini proses distribusi kartu itu belum selesai. Dari 40.983 jiwa database penerima Jamkesmas, baru sekitar 12 ribu lebih yang diserahkan. Sebelum dan sesudah distribusi berlangsung pihaknya akan mengecek terlebih dahulu, sedangkan yang sudah didistribusikan pihaknya sudah menginstruksikan puskesmas untuk memantau kembali.

“Jika nantinya ditemukan ada PNS menggunakan Jamkesmas akan kita tarik kartu itu dan melaporkan ke Kemenkes untuk memperbaiki dengan pengusulan nama warga miskin,” demikian Marlena.(823)