PMI Bagi-bagi Masker

ERICK/BE – BAGIKAN : Ketua PMI Lebong bersama anggota PMI dan pelajar ketika membagikan masker kepada masyarakat Lebong, untuk mengantisipasi ISPA.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Guna mengantisipasi penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebong membagikan 500 lembar masker kepada masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan. Ketua PMI Kabupaten Lebong yang juga Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, dr Ari Afriawan mengatakan, bahwa beberapa minggu terakhir wilayah Kabupaten Lebong terlihat sudah ditutupi kabus asap.

“Untuk kabut asap yang nampak pekat 1 minggu terakhir ini,” jelasnya, kemarin (24/09).

Sebelum tebalnya kabut asap yang menutupi Kabupaten Lebong, perbukitan yang mengelilingi Kabupaten Lebong masih tampak terlihat dengan cukup jelas. Akan tetapi saat ini meskipun Kabupaten Lebong dalam konsisi panas, perbukitan tidak lagi tampak terlihat dengan jelas. “Kami kira setelah diguyur hujan kemarin (Selasa sore, 24/09), kabut asap bisa hilang, namun nyatanya masih ada,” ucapnya.



Untuk itulah, kemarin (25/9) pihaknya membagikan masker bagi pengguna kendaraan roda dua dan tiga maupun masyarakat pejalan kaki yang sedang beraktifitas di luar ruangan. “Sebanyak 500 masker kita bagikan dibantu anak PMR sekolah,” sampainya.

Ditambahkan Ari, hingga saat ini memang belum ada laporan yang ia terima adanya masyarakat yang dirawat di RSUD Lebong karena mengalami ISPA yang cukup parah. Akan tetapi dari laporan secara lisan yang ia terima dari masing-masing Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas), untuk masyarakat yang terserang penyakit ISPA memang meningkat. “Mereka hanya mendapat pengobatan rawat jalan dari Puskesmas,” ujarnya.

Namun jika ada pasien yang menaglami ISPA yang telah parah, maka baru dirujuk ke RS untuk mendapatkan penanganan secara intensif. Dimana untuk penanganan pasien ISPA biasanya diberikan obat anti biotik dan diberikan oxsiganasi. “Bersyukur hingga saat ini belum ada warga yang harus dirawat di RS karena terserang ISPA yang parah,” ucapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKM MSi mengimbau, kepada seluruh masyarakat Lebong untuk bisa mengurangi aktifitas di luar rumah serta perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan minum air putih. “Kita telah menyampaikan kepada seluruh Puskesmas (13 Puskesmas) yang ada di Lebong, agar bisa memberikan imbauan kepada masyarakat di wilayahnya,” singkat Rachman.(614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*