PLTU Tegaskan Rekrutmen Karyawan Gratis

IST/BE
Karyawati PT. TLB Bengkulu disela-sela aktivitasnya.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pihak PLTU 2×100 MW Bengkulu menegaskan bahwa proses rekrutmen karyawan tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Jika ada pihak atau oknum yang meminta biaya dalam proses rekrutmen karyawan, maka dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan. Perwakilan Human Resources PT. TLB selaku owner dari PLTU Bengkulu 2×100 MW, Mutiara Andini mengatakan, mekanisme perekrutan karyawan dilakukan secara terbuka untuk umum. Dimana PLTU Bengkulu 2×100 MW telah bekerjasama dengan beberapa Universitas di Bengkulu.

“Kita sudah bekerjasama dengan Universitas Bengkulu dan Universitas Hazairin. Mereka nanti memberikan pengumuman, baik itu dipapan pengumuman maupun mading. Selain bekerja sama dengan beberapa universitas, kami melakukan kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Teluk Sepang.” kata Mutia, kemarin (25/2).

Sementara itu, salah seorang staf PT TLB yang merupakan alumni dari Universitas Bengkulu jurusan Teknik Elektro, Rian mengaku dirinya dapat bekerja di PT TLB tidak melalui pihak manapun. Bahkan dirinya juga tidak pernah dimintai biaya selama proses rekrutmen. “Dulu saya mengikuti tahap seleksi menjadi karyawan di PT TLB sesuai dengan prosedur perusahaan pada umumnya dan tanpa dipungut biaya,” ujar Rian.

Selanjutnya masyarakat Teluk Sepang sekaligus perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Teluk Sepang Kota Bengkulu, Achirwan didampingi Syahril mengatakan, rata-rata masyarakat yang bekerja di PLTU Bengkulu tidak pernah dipungut biaya apapun sewaktu proses rekrutmen penerimaan karyawan. Bahkan dari ratusan masyarakat Bengkulu yang bekerja di PLTU Bengkulu merasa bersyukur bisa bekerja di salah satu perusahaan listrik terbesar di Kota Bengkulu tersebut.

Selain proses rekrutmen yang tidak dipungut biaya, PLTU Bengkulu 2×100 MW juga setiap melakukan proses seleksi penerimaan karyawan tergantung dengan kualifikasi yang telah ditentukan. Kualifikasinya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga tidak benar jika ada pihak yang dapat meloloskan menjadi karyawan PLTU Bengkulu 2×100 MW. Mutia menambahkan bahwa PLTU Bengkulu 2×100 MW memiliki beberapa perusahaan yang tergabung di dalamnya, diantaranya yaitu kontraktor dan operator. “Jika dari kontraktor maupun operator melakukan pungutan biaya untuk perekrutan karyawan, bisa langsung dilaporkan ke PT TLB,” tegasnya.

Ia mengimbau masyarakat lebih jeli dan teliti bila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen. Masyarakat diharapkan tidak mudah tertarik dengan segala bentuk kemudahan yang ditawarkan untuk menjadi karyawan dari orang yang mengatas namakan PLTU Bengkulu 2×100 MW. “Kami tegaskan tidak ada pungutan apapun, semuanya gratis, jadi kalau ada yang meminta biaya agar bisa bekerja di PLTU Bengkulu maka itu adalah penipuan ” tutupnya.(999)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*