PLTMH Jadi Sarang Hantu

PLTMH minim perawatan, jadi sarang jin (1)ARGA MAKMUR, BE – Keberadaan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Desa Tebing Kaning saat ini kondisinya memprihatinkan dan tidak terawat. Akibatnya saat ini fasilitas itu menyerupai sarang hantu karena kondisinya menyeramkan.  Ketua Komisi III, Godang Manurung mengungkapkan PLTMH tersebut memang sudah tak terawat lagi dan warga juga tidak menikmati aliran listrik tersebut dengan maksimal.

Padahal fasilitas itu bisa dipergunakan untuk membantu aliran listrik penerangan jalan, namun malah tidak dimanfaatkan dengan baik. “Sangat disayangkan, ketika warga mengeluhkan penerangan jalan. Fasilitas yang ada malah tidak dipergunakan,” terang Godang.

Tak hanya itu, lokasi itu saat ini malah ada yang digunakan warga sebagai kandang sapi dan mencari rumput untuk pakan ternak.”Kondisi ini harus ditindak lanjuti karena sangat disayangkan jika aset yang ada malah dibiarkan terbengkalai,” jelasnya.

Dari informasi warga disekitar lokasi PLTMH, lokasi itu saat ini malah sering dipergunakan untuk tempat nongkrong anak muda pada malam hari. Dikarekan lokasi yang gelap menjadi favorit kalangan anak muda. Dikhawatirkan jika hal itu dibiarkan akan dipergunakan untuk kegiatan yang tidak diinginkan dan mengakibatkan keresahan masyarakat.”Kalau warga mengatakan seperti sarang hantu mungkin benar adanya karena memang kondisinya tidak terawat sama sekali,” tukasnya.(117)