PLTMH 2 Padang Guci Segera Beroperasi

Novian Parlindo

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak PLN, guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Selain mendirikan Saluran udara Tegangan Tinggi (SUTET) dari Bengkulu Selatan menuju Kaur, upaya lain yakni mengebut pembangunan jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di wilayah Padang Guci dengan memanfaatkan air bersumber air Padang Guci. PLTMH yang dikerjakan pihak PT Sahung Brantas ini bakal menyumbang 6-7 Mega watt (MH).

“Untuk PLTMH yang sudah berjalan saat ini sudah menyumbang daya hingga 6 MH kejaringan induk PLN,” kata Manager ULP PLN Bintuhan Novian Parlindo, Minggu (25/10).

Dikatakan Novian, berdasarkan laporan PT Sahung Berantas ke PLN Bintuhan per Oktober ini diperkirakan 2021 mendatang PLTMH 2 sudah dapat dioperasikan sehingga bisa menyumbang daya sebesar 12-13 MH ke jaringan induk PLN Kaur dan sekitarnya. Sayangnya sistem PLTMH sendiri belum bisa berjalan tanpa ada dorongan dari daya listrik induk. Artinya bila terjadi pemadaman dari penyulang tetap saja PLTM tak bisa dimanfaatkan meski sudah menyumbang daya 12-13 MH nantinya.

“Mudah-mudahan awal tahun sudah dapat di oprasikan, untuk saat ini masih PLTMH 1 yang sudah menyumbang daya dalam beberapa tahun,”ujarnya.

Ditambahkannya, dengan tambahan daya dari PLTMH ini nantinya meski SUTET belum berdiri namun diharapkan dapat menjadi penyetabil tegangan yang mana saat ini sering dikeluhkan terjadinya rendah tengangan dibeberapa daerah. Nah dengan sumbangan daya ke gardu pembagi simpang tiga tanjung kemuning ini diharapkan tak ada kendala lagi nantinya.

“Tapi kita berharap pembangunan SUTET dan gardu induk tetap menjadi prioritas utama, sebab SUTET salah satu solusi mengatasi gangguan tanam tumbuh yang sering seperti sekarang ini,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*