Plt Walikota Salurkan 5 Hand Tractor Bantuan dari Kementan RI

FOTO IST/ Plt Walikota Dedy Wahyudi saat menyalurkan bantuan hand tractor dari Kementan RI kepada para kelompok tani, Kamis (3/12).

BENGKULU, bengluluekspress.com – Plt Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Bengkulu Syahrul Tamzie menyerahkan 5 unit hand tractor kepada kelompok tani di Kota Bengkulu. Penyerahan hand tractor yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI tersebut dilakukan di kantor Dispangtan Kota Bengkulu Kamis (3/12).

Dedy Wahyudi menjelaskan, diharapkan bantuan hand tractor tersebut berguna bagi kelompok tani untuk menunjang peningkatan produksi hasil pertanian di Kota Bengkulu. Apalagi di masa pandemi ini, petani merupakan ujung tombak dalam kesiapan ketahanan pangan agar tak mengalami masa krisis pangan.

“Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bengkulu mendistribusikan traktor bajak tangan tersebut kepada 4 kelompok tani, jadi semuanya 4 unit, dan 1 unit disiapkan untuk tim reaksi cepat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bengkulu,” ujar Dedy.

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bengkulu, Sahrul Tamzie mengatakan, 1 diantara 5 unit hand tractor bantuan dari Kementan RI ini disiapkan untuk brigade di kantor Dispangtan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi kalau ada kelompok tani yang kekurangan alat saat ingin cepat mengolah lahan persawahannya.

“Kita mengharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat mempercepat pengolahan lahan persawahan petani dan sekaligus meningkatkan mutu dari hasil olahan. Karena nanti otomatis penggunaan alat ini sangat berpengaruh kepada hasil padi petani dengan hasil yang lebih baik kualitasnya,” kata Sahrul.

Ia menambahkan, 4 kelompok penerima hand tractor tersebut yakni Poktan Bunga Tanjung 2 Sukamerindu, Poktan Jaya Makmur Pematang Gubernur, Poktan Lagan Maju Betungan, serta Poktan Tunas Harapan Beringin Raya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*