Plt Gubernur akan Sambut Kepulangan Jamaah Haji

HAJI
HAJI

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 1.647 jamaah haji akan tiba di Provinsi Bengkulu. Rencananya, para jamaah haji kloter pertama ini akan tiba pada tanggal 2 September pukul 23.05 WIB di Bandara Internasional Minang Kabau Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Sementara sampai di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu pada tanggal 3 September pukul 04.00 WIB pada penerbangan pertama dan 04.30 WIB untuk penerbangan kedua. Asisten I Setdaprov Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, saat tiba di Provinsi Bengkulu maka para jemaah haji akan langsung disambut khusus oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA.

“Prosesi penyambutan akan dilakukan langsung oleh pak Plt Gubernur,” terang Hamka kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (30/8).

Penyambutan yang langsung dilakukan oleh Plt Gubernur itu sebagai bentuk penghargaan besar kepada para jemaah haji yang telah sukses menggelar ibadahnya ditandah suci. Termasuk pada jemaah haji kloter kedua hingga kloter kelima juga akan dilakukan penyambutan. “Nanti jika Plt Gubernur berhalangan, bisa diwakilkan oleh Sekda, maupun para Asisten,” tambahnya.

Hamka menegaskan, untuk kloter kedua dijadwalkan akan disampai di Bandara Minang Kabau Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada tanggal 4 September pukul 01.05 WIB. Sementara sampai di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu penerbangan pertama datang pada tanggal 4 September pukul 05.00 WIB dan penerbangan kedua pukul 05.30 WIB. Untuk kloter ketiga tanggal 5 September pukul 01.05 WIB dan tiba di Bengkulu pada tanggal 5 September pukul pukul 05.00 WIB penerbangan pertama dan penerbangan kedua pukul 05.30 WIB.

Kemudian kloter keempat tiba di Kota Padang pada tanggal 6 September pukul 02.00 WIB dan sampai Bengkulu tanggal 6 September pukul 06.00 WIB penerbangan pertama serta penerbangan kedua pukul 06.30 WIB. Lalu untuk kloter kelima pada tanggal 7 September sampai di Kota Padang pukul 01.05 WIB dan sampai di Bengkulu tanggal 7 September pukul 04.0 WIB. “Kita doakan sama-sama agar para jemaah haji bisa pulang ke Bengkulu dengan lancar,” tutur Hamka.

Pada kepulangan jamaah haji itu, menurut Hamka masing-masing kloter berbeda jumlahnya. Untuk kloter pertama akan pulang sebanyak 391 jemaah, berasal dari jemaah kota 290 orang, Kaur 2 orang, Lebong 92 orang serta 2 orang tim pendamping haji daerah (TPHD).

Kloter kedua sebanyak 387 orang terbagi, 171 dari Seluma, 103 dari Kaur, 106 dari Kepahiang serta 2 orang TPHD. Kloter ketiga sebanyak 393 orang, dari Kota 22 orang, Bengkulu Selatan 128 orang, Rejang Lebong 233 orang, Kaur 1 orang, Kepahiang 1 orang, Lebong 1 orang dan 2 orang TPHD. Lalu kloter keempat sebanyak 292 orang, Bengkulu Utara 201 orang, Mukomuko 173 orang, Bengkulu Tengah 11 orang dan 2 orang TPHD. Terakhir kloter kelima sebanyak 84 jemaah berasal dari Bengkulu Tengah 81 orang dan 3 orang TPHD.

“Dengan pulangnya para jemaah haji ini, bisa menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. Dengan demikian, para jemaah haji ini bisa memberikan warna kepada masyarakat Bengkulu untuk mensukseskan program pemerintah daerah. Tentunya ini juga akan memberikan motivasi kepada umat muslim untuk bisa ikut menunaikan ibadah haji,” ungkap Hamka.

Disisi lain, Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H. Rolly Gunawan SSos M Hi mengatakan, beberapa persiapan kepulangan para jamaah haji telah dilakukan. “Persiapan sudah kita lakukan. Mudah-mudahaan berjalan lancar,” tutur Rolly.

Rolly juga mengatakan, pada kloter keempat sempat mengalami perubahaan jadwal sampai di Bengkulu. Rencana awal, para jemaah akan sampai pada pukul 07.00 WIB di Bengkulu. Namun harus diundur pukul 06.00 WIB, lantaran ada pendaratan pesawat reguler. “Ini sudah kita koordinasikan dan sampai Bengkulu bisa lebih awal,” pungkasnya. (151)