Plt Bupati Kaur Minta Petani Optimalkan Penggunaan Alsintan

SERAHKAN: Plt Bupati Kaur didampingi Sekda Kaur, Kadispertan saat memberikan secara simbolis bantuan Alsintan dan benih padi kepada Koptan, dan juga Plt tampak mencoba menaiki alat panen padi di Desa Suka Bandung, Senin (26/10).

KAUR SELATAN, bengkuluekspress.com – Upaya peningkatan produksi tanaman padi menjadi perhatian jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur. Oleh karena itu, Plt Bupati Kaur, Hj Yulis Suti Sutri meminta para petani Kabupaten Kaur agar memanfaatkan secara optimal berbagai alat mesin pertanian (Alsintan) untuk mendongkrak produksi pertanian sekaligus menjaga ketersediaan pangan.

“Untuk meningkatkan produktivitas dalam sektor pertanian harus memaksimalkan penggunaan Alsintan. Karena proses pengolahan semakin mudah dengan Alsintan,” kata Yulis usai menyerahkan Alsintan kepada kelompok tani sekaligus vicon penggunaan Alsintan dan panen raya di Desa Suka Bandung Kecamatan Kaur Selatan, Senin (26/10).

Dikatakan Yulis, dimana pemanfaatkan secara optimal Alsintan mempercepat pengolahan tanah dan tanaman. Terlebih lagi saat ini makin terbatas jumlah tenaga kerja pengolah tanah dan tanaman di daerah setempat. Dimana bantuan alsintan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Kaur dalam meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di wilayah Kabupaten Kaur. Kedepan ini diharapkan dapat dimanfaatkan para petani untuk pengelolaan lahan pertanian, sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian di Kabupaten Kaur.

“Kita pemerintah akan selalu membantu memajukan pertanian di Kaur ini. Juga para petani yang mendapatkan bantuan dapat digunakan semaksimal mungkin, dan alat ini dirawat dengan baik dan jangan sampai diperjualbelikan,” pesannya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, Nasrur Rahman SHut MSi juga menyampaikan, bahwa bantuan Alsintan merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tahun 2020. Dimana bantuan Alsintan berupa pompa air dan benih padi itu diberikan kepada tiga kelompok tani yakni kelompok tani Papahan Kandang, kelompok tani Curup Takur dan kelompok tani Tebat Penangkis itu.
“Diharapan kita kedepan muda-mudahan alat ini digunakan semaksimal mungkin.Untuk kelompok yang belum dapat akan kita usulkan tahun depan, dan kita berharap bantuan ini dapat memberikan dorongan kepada petani Kaur dalam meningkat hasil panen,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*