Plogger Bengkulu Serahkan 50 Tong Sampah ke Pemda Benteng

Bakti/BE
SIMBOLIS : Penyerahan tong sampah secara simbolis dari Komunitas Plogger Bengkulu kepada Pemda Benteng dan foto bersama, Sabtu (3/4).

BENTENG,bengkuluekspress.com – Komunitas Plogger Bengkulu benar-benar serius untuk menjadikan Provinsi Bengkulu bebas dari sampah. Salah satu yang tengah gencar dilakukan saat ini adalah menggalakan program gerakan sejuta tong sampah. Bukan hanya isapan jempol semata, Komunitas Plogger Bengkulu telah menunjukan aksi mereka. Dengan menggandeng donatur yang berasal dari pelaku usaha, instansi vertikal dan instansi pemerintah, ratusan tong sampah telah dibagikan.

Salah satu Founder (pendiri,red) Komunitas Plogger Bengkulu, Irwandi Putra mengatakan, pemberian tong sampah sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Kurang lebih sejak 1 tahun lalu. Akan tetapi, penyerahan secara simbolis baru dilakukan ke Pemerintah Kota Bengkulu pada bulan Maret 2021 dan kepada Pemda Kabupaten Benteng pada awal April.
“Secara keseluruhan, kami sudah menyalurkan 175 tong sampah. Hanya saja, untuk penyerahan secara simbolis, baru di Pemda Benteng dan Pemkot Bengkulu berjumlah 105 tong sampah. Nanti juga akan dilakukan di kabupaten lainnya,” kata Irwandi.
Lebih lanjut, Irwandi menuturkan, visi dan misi gerakan sejuta tong sampah ialah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tak lagi membuang sampah secara sembarangan. Jika dibiarkan, sampah yang berserak di tepi jalan menimbulkan bau tak sedap serta merusak lingkungan. Untuk diketahui, terang Irwandi, persoalan sampah memang sulit untuk diselesaikan. Akan tetapi, hal itu bukan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama.
“Melalui kegiatan ini, kami berharap cita-cita kami untuk menjadikan Provinsi Bengkulu yang bersih dan layak dikunjungi bisa segera terwujud,” harap Irwandi.

Pantauan BE, penyerahan tong sampah kepada Pemda Benteng diawali dengan aksi gerakan pungut sampah di tepi jalan lintas Kota Bengkulu-Kabupaten Kepahiang. Alhasil, masih banyak ditemukan sampah masyarakat di tepi jalan. Baik itu sampah rumah tangga ataupun sampah bekas dagangan.
Penyerahan tong secara simbolis diterima langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Amirul SH MM. Hadir diantaranya, puluhan personel Denzipur yang dipimpin langsung oleh Komandan Denzipur, Kapten Czi Arya Deva Seyviant serta puluhan petugas kebersihan dibawah naungan DLH Benteng. Hadir diantaranya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala DLH Benteng.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Plogger Bengkulu. Ini harus kita tindak lanjuti, kedepan seluruh OPD, sekolah dan desa harus menyiapkan tong sampah,” kata Amirul.
Sementara itu, Komandan Denzipur, Kapten Czi Arya Deva Seyviant yang merupakan salah satu donatur yang telah menyumbangkan tong sampah memberikan apresiasi kepada Plogger Bengkulu dan berharap bisa membawa perubahan sikap serta prilaku masyarakat agar hidup bersih.
“Kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif. Kami siap membantu,” pungkasnya.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*