PLN Bengkulu Serahkan CSR Sarana Prasarana Electrifying Local Culinary di Bengkulu Utara

PT PLN (Persero) UIW S2JB melalui PLN UP3 Bengkulu kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (CSR/TJSL) kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara melalui Karang Taruna Kemumu. Bantuan diberikan dalam bentuk rehab dan pembangunan sarana berupa kios bagi pedagang di lokasi wisata Air Terjun Palak Siring Kemumu Argamakmur.

Mengingat masa pandemi yang belum berakhir maka bantuan diserahkan secara simbolis oleh Manager UP3, Hendra Irawan di Bengkulu kepada Ketua Karang Taruna Arga Tirta, Lasdi didampingi pejabat Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara.
Hendra Irawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa PLN tidak hanya berperan dalam menjalankan bisnis utamanya dalam menyalurkan listrik kepada masyarakat, namun turut berkontribusi pada sustainability dan public service serta mendukung pemerintah didalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) melalui program pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. “PLN berkomitmen untuk menjalankan fungsinya melalui TJSL perusahaan dan senantiasa memprioritaskan penggunaan energi terbarukan melalui penyediaan sarana kuliner. Kami minta nanti para pedagang memasak di lokasi dengan kompor listrik. Sehingg kita semua menjadi agen dalam mengurangi sumber energi fosil,” katanya.

Rencananya dilokasi ini akan dibangun sentra kuliner makanan khas/produk lokal Bengkulu Utara yang diolah menggunakan kompor listrik dan sentra kerajinan masyarakat setempat. Pembangunan Electrifying Local Culinary ini berperan lebih besar dalam penciptaan nilai tambah yang berujung pada peran sektor pariwisata pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu dengan adanya bantuan ini setidaknya memberikan sarana untuk para pengrajin dalam menjual hasil produk dan olahannya.

Ketua Karang Taruna, Lasdi menyampaikan ucapan terima kasih atas peran serta PLN dalam memberikan kesempatan warga masyarakat di lingkungan Obyek Wisata Kemumu untuk mengolah dan menjual berbagai produk makanan. “Kami sampaikan terima kasih atas bantuan Program TJSL dari PLN kepada Kabupaten Bengkulu Utara melalui kami Karang Taruna Arga Tirta. Hal ini menunjukan PLN sangat berperan aktif pada pembangunan daerah khususnya pada peningkatan ekonomi warga serta pelestarian lingkungan hidup. Ini adalah kerjasama yang baik antara PLN, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dan Lembaga Kemasyarakatan seperti kami ini,” terang Lasdi.(rls)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*