PLHUT Rejang Lebong Dibangun Tahun Depan

Asisten I Pemkab Rejang Lebong saat menyerahkan hibah tanah untuk lokasi pembangunan PLHUT kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Kamis (26/8) sore.

CURUP, bengkuluekspress.com – Kementerian Agama Republik Indonesia memastikan proses pembangunan Pusat Layanan Haji Terpadu (PLHUT) Rejang Lebong akan dibangun tahun 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah H Saiful Mujab, MA saat berkunjung ke Rejang Lebong Kamis (26/8).

“PLHUT ini akan mulai kita bangun tahun depan,” sampai Saiful Mujab saat meninjau langsung lokasi pembangunan PLHUT di Jalan Sukowati Curup Kamis.

Untuk pembangunan PLHUT Rejang Lebong sendiri, Kemenag RI telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,3 miliar. Besaran tersebut menurutnya sesuai dengan standar pembangunan PLHUT yang telah ditetapkan oleh Kemenag RI. Sementara itu, untuk lahannya sendiri, menurut Saiful sangat strategis karena berada ditengah-tengah kota yaitu tepat di depan rumah dinas Bupati Rejang Lebong.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan apreasiasinya kepada Pemkab Rejang Lebong karena telah menghibahkan lahan seluas 800 m2 kepada Kantor Kemenag Rejang Lebong untuk dijadikan lokasi pembangunan PLHUT.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Rejang Lebong yang telah menghibahkan tanah ini untuk lokasi pembangunan PLHUT,” sampainya.

Senada dengan yang disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs H Zahdi Taher MHi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pemkab Rejang Lebong yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan PLHUT Rejang Lebong.

“Dengan dibangunnya PLHUT di Rejang Lebong ini, maka ini menjadi PLHUT ketiga di Provinsi Bengkulu, karena sebelumnya sudah ada di Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah,” terang Zahdi.
Bangunan PLHUT Rejang Lebong sendiri, menurutnya akan sama dengan bangunan PLHUT didaerah lain, karena prototype bangunannya dibuat langsung oleh Kementarian Agama RI. Jenis bangunannya, adalah bangunan dua tingkat, ia berharap nantinya bisa menjadi icon baru di Kabupaten Rejang Lebong.

“Bila bangunan PLHUT ini nanti sudah jadi, selain bisa untuk pelayanan haji dan umrah juga bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat juga,” sampainya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Pranoto Majid yang mewakili Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menghibahkan tanah untuk pembangunan PLHUT tersebut karena sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yaitu Rejang Lebong relegius.

“Dengan adanya bangunan PLHUT ini nanti, diharapkan pelayanan haji di Kabupaten Rejang Lebong akan lebih maksimal lagi,” harap Pranoto.

Dalam kegiatan peninjauan lokasi pembangunan PLHUT tersebut, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang diwakilkan oleh Asisten I langsung menyerahkan hibah tanah untuk lokasi pembangunan PLHUT secara simbolis kepada Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. (251)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*