PKPU Salurkan Bantuan ke Lombok

PKPU
IST/Bengkulu Ekspress
PKPU HI menyalurkan paket sembako untuk korban gempa di Lombok, NTB.

LOMBOK, Bengkulu Ekspress– Gempa dengan kekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8) yang lalu menyebabkan ratusan warga meninggal dunia dan bangunan rusak berat. Kabupaten Lombok Utara (KLU) merupakan wilayah yang terkena dampak cukup parah atas gempa tersebut.

“Kami telah menyusuri kabupaten ini sembari melakukan evakuasi. Sebagian besar bangunan hancur rata dengan tanah, mulai dari gedung pemerintahan, pelayanan umum, rumah sakit, sekolah, dan tentunya rumah warga. Pencahayaan sangat kurang saat malam, jaringan komunikasi pun sangat sulit,” ungkap salah satu Tim Rescue PKPU HI, Amir, kemarin.

Tim Relawan PKPU Human Initiative (HI) menyambangi salah satu pengungsian warga terdampak gempa, tepatnya di Dusun Tembobor, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung (9/8). Pengungsian dengan 8 tenda terbuka di tengah lapangan tersebut, diisi oleh sekitar 430 orang pengungsi yang terdiri dari orang tua dan anak – anak.

PKPU Human Initaitive pun mendistribusikan paket sembako untuk membantu para pengungsi. Adapaun paket sembako tersebut berupa beras 5 Kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 Kg, teh celup, kopi, lauk pauk, bumbu masak, tepung terigu 2 Kg, dan air mineral dus, masing-masing 100 paket



“Sementara ini, bahan-bahan tersebut yang sangat dibutuhkan pengungsi. Paket sembako sebanyak 100 paket ini dapat mencukupi kebutuhan makan dan minum pengungsi per KK selama 3-4 hari saja,” terang Sukismo, Manager PR PKPU Human Initiative yang terjun langsung sambangi lokasi pengungsian.

Menurut Sukismo, sebagian besar pengungsian tersebut diisi pengungsi rentan, diantaranya 34 bayi, 97 balita, 122 anak-anak dan 68 lansia. Sampai saat ini, Tim Relawan PKPU Human Initiative masih stand by di beberapa titik lokasi terdampak gempa.

Adapun Posko Bantuan PKPU HI terdapat di 3 titik lokasi, diantaranya Posko Induk koordinasi berada di Mataram dengan alamat BTN Taman Mutiara, Jalan Kakap Kav 70, belakang RS Biomedika, Posko Aju Kabupaten Lombok Utara di Jalan Raya Tj Jenggala Tanjung, Kabupaten Lombok Utara dan Posko Aju Kabupaten Lombok Timur di Desa Sembalun.

Bagi para donatur yang ingin berpartispasi dalam program di PKPU bvisa menghubungi PKPU HI Bengkulu di Jalan Merapi Raya No.92 Panorama Kota Bengkulu (0736) 26425 dan WA (0822 8055 2886) atau bisa ditranfer ke nomor Rekening Muamalat (431.00.17.180) atas nama PKPU Bengkulu. (rl)