PKPI Cuma Ajukan 5 Bacaleg

TELITI Panitia pendaftaran saat sibuk meneliti berkas pendaftaran DCS Bacaleg, di kantor KPU Kaur, Selasa (177
IRUL/Bengkulu Ekspress
TELITI: Panitia pendaftaran saat sibuk meneliti berkas pendaftaran DCS Bacaleg, di kantor KPU Kaur, Selasa (17/7).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Hingga kemarin sore, berapa jam sebelum ditutupnya pendaftaran penyerahan berkas, dipastikan satu partai tak mengajukan berkas Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg). Parpol yang tak menyampaikan pendaftaran di dua Dapil ini yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Partai bernomor 7 itu dipastikan hanya menyampaikan berkas Bacaleg Dapil 2 sebanyak 5 DCS. Sementara untuk Dapil 1 dan Dapil 3, sama sekali tak ada Bacaleg yang diajukan.

Sedangkan partai lainnya full kuota yakni mencapai 25 Bacaleg yang diajukan. “Hingga saat ini hanya PKPI saja yang tak tidak mengajukan calon dari dua dapil. Padahal satu DCS Bacaleg saja, bisa diajukan syaratnya keterwakilan perempuan 30 persen,” kata Ketua KPU Kaur, Sirajjudin Aksa M TPd kemarin, (17/7).

Dikatakan Siraj, hingga kemarin sore Parpol yang sudah full mendaftarkan Bacalegnya sebanyak 25 Bacaleg yakni Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai PKB serta PDI Perjuangan. Jumlah ini tak menutup kemungkinan juga ada Parpol lain yang juga akan memenuhi kuota 100 persen Bacaleg. Namun untuk Dapil yang kosong pendaftar, hingga kemarin sore sekretariat belum menerima konfimasi dari Parpol lain apakah hingga penutupan tadi malam semuanya akan terisi.

“Tidak ada sanksi bila Parpol tak mengajukan Bacaleg di salah satu Dapil. Namun tetap tak boleh melebih kuota dan harus ada keterwakilan perempuan,” terangnya.

Ditambahkanya, untuk Parpol yang sudah terlanjur mengajukan Bacaleg kurang atau sama sekali tak mengajukan Bacaleg, maka tak akan ada penambahan kuota, mereka hanya berhak mengganti namun tidak menambah. Sehingga seperti PKPI bisa dipastikan dua dapil tak akan ada Bacaleg yang diajukan.



“Pendaftaran berakhir hingga pukul 24.00 WIB. Nanti malam setelah itu masa perbaikan berkas, dan sampai kini baru 10 Parpol yang sudah daftar dan lainnya masih kita tunggu,” terang Siraj. (618)