PKK Rejang Lebong Gelar Pembinaan dengan Prokes


IST/BE
Kegiatan pembinaan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong dengan peserta para kader PKK di tingkat desa dan kelurahan belum lama ini.

CURUP, bengkuluekspress.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan pembinaan kepada kadernya hingga ditinggat desa dan kelurahan. Pembinaan yang mereka lakukan tetap dengan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 karena saat ini masih pandemi Covid-19.
Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Fitri Hertikasari A Hijazi SE mengungkapkan meskipun kegiatan dilaksanakan untuk 15 kecamatan namun kegiatan tersebut dipusatkan diempat kecamatan saja yaitu Kecamatan Curup Timur, Binduriang, Bermani Ulu dan Selupu Rejang Lebong.
“Karena saat pembinaan yang kita lakukan masih pandemi Covid-19, sehingga kegiatan pembinaan yang kita lakukan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terang Bunda Fitri sapaan akrab dari istri Bupati Rejang Lebong tersebut.

Dijelaskan Bunda Fitri, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga peserta kegiatan pembinaan yang mereka lakukan terbatas yaitu maka masing-masing Kecamatan mengirim perwakilan dari dua desa atau Kelurahan yang sudah terwakili dari unsur sekretariat dan 4 Pokja PKK.
“Protokol kesehatan yang kita terapkan dalam kegiatan pembinaan ini adalah 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir,” tambahnya.

Kegiatan pembinaan yang mereka lakukan yaitu untuk memberikan pemahaman kepada kader Kecamatan hingga ke desa dan kelurahan. Dalam kegiatan yang mereka laksanakan di Bulan November tersebut banyak hal yang disampaikan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong yang pada kesempatan tersebut ketua dan wakil ketua II TP PKK Rejang Lebong turun langsung.
Sa.ah satu materi yang diberikan yaitu terkait dengan hal administrasi dan pelaporan, kemudian B2SA, rumah sehat dan hatinya PKK serta 10 program PKK. Dengan pelatihan yang diberikan tersebut, Bunda Fitri berharap ilmu yang kader dapatkan tersebut minimal bisa mereka terapkan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar rumah melalui kegiatan masyarakat.
“Tak hanya terkait dengan program PKK, kader PKK juga kita minta untuk membantu mensosialisasikan pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat,” sampainya.

TP PKK Kabupaten Rejang Lebong memasukkan materi tentang pencegahan dan penanganan Covid-19, karena menurutnya kader PKK juga harus terlibat aktif
terutama dalam upaya mengendalikan dan memutus mata rantai penularan
Covid-19 sesuai dengan arahan Presiden, Mendagri, Ketua TP PKK Pusat
termasuk sosialisasi Peraturan Bupati Rejang Lebong nomor 26 tahun 2020.
“Dalam kesempatan tersebut saya juga menyampaikan apresiasi kepada kader PKK yang selama ini telah berperan aktif dalam setiap program PKK dalam beberapa tahun terakhir,” demikian Bunda Fitri.(251)