PKK Kota Terima Penghargaan Nasional

IST - Ny Hj Khairunnisa Helmi saat menerima piala dari Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Hj Vita Gamawan Fauzi atas keberhasilannya dalam meraih Juara I Lomba PKDRT Tingkat NasionalBENGKULU, BE – Prestasi membanggakan diraih Tim PKK Kota Bengkulu. Berkat kegigihan dan kerja keras yang tak terhingga, akhirnya TP PKK Kota Bengkulu Berhasil Meraih Juara I Lomba PKDRT (Penanganan Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga) Tingkat Nasional. Ketua TP PKK Kota Bengkulu Ny Hj Khairunnisa Helmi, Kamis (30/5) menerima Piala dan penghargaan Pakarti Utama I dari Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Hj Vita Gamawan Fauzi dan diserahkan di Lapangan Murjani, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. “Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi TP PKK Kota Bengkulu. Dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, akhirnya TP PKK Kota melalui Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati berhasil meraih Juara I tingkat nasional pada lomba PKDRT,” terang Ketua TP PKK Kota Ny Hj Khairunnisa Helmi ketika dihubungi jurnalis.
Keberhasilan tersebut, lanjutnya, pada mulanya diawali lomba penyuluhan PKDRT dan penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga tingkat Provinsi Bengkulu. Penilaian tersebut dilaksanakan secara berjenjang, mengenai bagaimana penanganan kasus KDRT tersebut dilaksanakan di tingkat kelurahan, kecamatan dan  Kota Bengkulu. “Yang terpenting dalam lomba ini adalah komitmen  pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakannya mendukung penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga dan program-program PKK lainnya sehingga memperlancar keberhasilan pencapaian program,” papar Ny Hj Khairunnisa Helmi.
Berdasarkan laporan tersebut, lanjutnya, ditetapkanlah nominasi 6 besar nasional dan selanjutnya tim penggerak pkk pusat turun melakukan penilaian ke TP PKK Kelurahan Dusun Besar, TP PKK Kecamatan Singatan Pati dan TP PKK Kota Bengkulu, tim pusat menilai kebenaran laporan tersebut dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti tertib administrasi PKK dari sekretaris, bendahara, pokja I sampai dengan pokja IV, senam lansia, pameran UP2K dan keterampilan lansia, BKB, rumah sehat, toga, posyandu, rumah singgah penanganan kasus KDRT di RT 17 dan terakhir paparan visual  penanganan kasus KDRT yang disajikan oleh ibu Susrawati sebagai kader PDKRT. Dari penilaian ini akhirnya TP PKK Kota Bengkulu meraih Juara I PDKRT tingkat nasional.
“Dengan diraihnya penghargaan ini, akan kembali memacu kami untuk terus bekerja keras dalam membangun tim penggerak PKK mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan, hingga tingkat kota dan Provinsi Bengkulu,” ujar Ny Hj Khairunnisa Helmi. Terpenting lagi, lanjutnya, ucapan terimakasih yang sangat mendalam kepada seluruh kader Tim PKK se Kota Bengkulu yang telah berperan aktif dalam gerakan PKK. (009/adv)