PKK KB-Kes RL Juara II Nasional

CURUP, BE – Program PKK Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan yang digalakkan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong dan Pemerintah Daerah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Hal itu ditandai dengan perolehan predikat juara II Nasional yang diraih Kabupaten RL dalam program tersebut, mewakili Provinsi Bengkulu.
RL disejajarkan dengan sejumlah kota besar di Indonesia, diantaranya Provinsi Bali dengan predikat juara I dan juara III Provinsi Kalimantan Tengah. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten RL Drs H Syafri dikonfirmasi wartawan, Sabtu (22/06) mengatakan, sebelumnya program PKK, KB dan Kesehatan berhasil menjadi juara I tingkat Provinsi Bengkulu dan kemudian mewakili Provinsi Bengkulu hingga ke tingkat nasional.
Di tingkat nasional, Baksos PKK, KB dan Kesetan Kabupaten RL berhasil nominasi 6 besar. “Dari 6 besar itu, setelah tim penilaian turun langsung melihat ke lapangan, kita berhasil meraih juara II nasioanl, karena keberhasilan Baksos PKK, KB dan Kesehatan tersebut Kabupaten RL memperoleh penghargaan Upakarti Madya dan akan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat, 29 Juni mendatang,” ungkap Syafri.
Ditegaskan Syafri, keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen dan masyarakat yang hadir setiap penyelenggaraan baksos. Sebab, setiap kali digelar baksos massa selalu ramai dan ternyata menjadi penilaian penting dewan juri. Kemudian, ide TP PKK Kabupaten RL, Hj Susilawati SE MM yang mampu menyatukan semua SKPD jajaran Pemkab RL. Misalnya, melibatkan jajaran SKPD untuk memberikan bantuan. Kemudian, ide Susilawati melalui program bedah rumah. “Karena ide yang inovatif dan selalu terselenggara itu, menurut penilaian dewan juri kita layak menjadi juara II,” tegas Syafri.
Lebih lanjut dijelaskannya, sebelum ke tingkat nasional, saat juara di tingkat Provinsi Bengkulu, di tingkat kabupaten difokuskan ke tingkat kecamatan, kemudian terfokus lagi ke tingkat desa/kelurahan. Saat penilaian, yang diusulkan adalah Kecamatan Curup karena berhasil juara I tingkat Kabupaten dan kebetulan yang menjadi titik sasarannya adalah Kelurahan Talang Benih. “Banyak pertimbangan juga mengapa Kelurahan Talang Benih menjadi titik sasaran. Karena, Kelurahan Talang Benih ini Dasa Wismanya bagus dan di sini juga ada keunikan, selain Posyandu buka pagi hari, juga buka sore hari,” tutupnya. (999)