PKK Gelar Lomba Masak Serba Ikan

BENGKULU, BE – Guna mendorong dan meningkatkan citra mengangkat makanan khas daerah yang berkualitas bergizi dan sehat. Tim PKK Kota Bengkulu, Senin (1/7) menggelar lomba masak serba ikan dan Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) di halaman Kantor Walikota Bengkulu.
“Melalui lomba masak serba ikan yang aman, sehat, dan halal tingkat Kota Bengkulu, kita dukung penganekaragaman pangan udang dan ikan. Agar dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA dan serba ikan, serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dan ibu rumah tangga,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ny Leni Gianti Syafran, sembari mengatakan lomba ini diikuti oleh tim penggerak PKK kecamatan di 9 kecamatan di Kota Bengkulu.
Ketua TP PKK Kota Bengkulu Ny Hj Khairunnisa Helmi dalam acara tersebut menyampaikan agar para ibu rumah tangga dapat memberikan makanan yang berkualitas yang dapat memperhatikan prinsip yang sehat. “Terkhusus untuk peserta lomba, agar dapat memberikan makanan yang berkualitas yang memperhatikan prinsip beragam, bergizi, sehat, dan aman serta meningkatkan kualitas olahan makanan kita dimasa yang akan datang, agar dapat  lebih bersaing dengan daerah lain,” ajaknya.
Sementara, Walikota H Helmi Hasan saat membuka lomba masak serba ikan dan Cipta Menu B2SA ( Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) merespon positif acara yang diselenggarakan PKK Kota Bengkulu. “Kegiatan seperti ini bernilai positif untuk ibu-ibu, bagi ibu-ibu yang belum mahir memasak semoga lebih termotivasi untuk semakin handal memasak bagi keluarganya yang memodifikasi resep makanan dengan tetap memperhatikan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan prinsip B2SA.  Disamping itu pula melalui lomba ini kita dapat mengangkat kembali citra makanan khas daerah kita yang selama ini masih kalah bersaing dengan makanan modern,” ujar Helmi Hasan.

Ratu Agung Juara I
Setelah dilakukan penilaian oleh tim juri yang berasal dari TP PKK Provinsi Bengkulu, TP PKK Kota Bengkulu, Badan Ketahanan Pangan Provinsi, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, serta SMKN 3 Kota Bengkulu. Tim juri memutuskan bahwa Juara I Lomba Masak Serba Ikan adalah TP PKK Kecamatan Ratu Agung, Juara II TP PKK Kecamatan Selebar, Juara III TP PKK Kecamatan Sungai Serut. Sementara untuk Lomba Cipta Menu B2SA Juara I diraih oleh TP PKK Kecamatan Ratu Agung, Juara II TP PKK Kecamatan Sungai Serut, Juara III TP PKK Kecamatan Ratu Samban. Juara I akan diikutkan untuk mengikuti lomba yang sama pada tingkat Provinsi Bengkulu yang rencananya akan digelar pada 3 Juli.
Sementara itu, perwakilan dari TP PKK Kecamatan Ratu Agung Ny Dewi Ibrahim ketika diwawancarai merespon positif kegiatan lomba yang digelar TP PKK Kota. “Acara ini bisa mengangkat potensi ibu-ibu yang memang hobi memasak agar dapat menyajikan hasil kreasinya. Acara ini juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan karena bisa tahu, selain beras banyak panganan lain yang bisa diolah menjadi makanan bergizi,” ujarnya.
Adapun beberapa menu yang disajikan pada perlombaan ini adalah talas sekoi ratu agung, taruk pipik labu siam bumbu kuning, ikan lele bakar saus coklat, bola-bola jagung gerigit, pindang prenggi saus buah, oseng bunga pisang. (009/rls/adv)