PKK Dorong Pengembangan Pangan Non Beras


ARY/Bengkulu Ekspress Ketua TP PKK Rejang Lebong saat meninjau langsung kegiatan lomba cipta menu B2SA tingkat Kabupaten Rejang Lebong Kamis (20/6) kemarin. Dalam kesempatan tersebut ketua TP PKK Rejang Lebong mengajak masyarakat mengembangan pangan non beras.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong mendorong masyarakat untuk mengembangan pangan sumber karbohidrat non beras. Terutama menggunakan potensi pangan sumber karbohidrat yang ada di sekeliling tempat tinggal.

“Kita sangat mendorong pengembangan pangan non beras, terlebih lagi potensi besar pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang ada disekeliling kita yang tersedia hampir di seluruh wisayah Rejang Lebong ini,” sampai Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Fitri Hertikasari A Hijazi SE saat membuka kegiatan lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (BS2A) tahun 2019 di aula Stiper Rejang Lebong Kamis (20/6) kemarin.

Lebih lanjut Bunda Fitri, sapaan akrab Ketua TP PKK Rejang Lebong juga mengungkapkan dalam rangka memenhi kebutuhan pangan dan gizi bagi masyarakat Rejang Lebong, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan sumberdaya pangan lokal yang beraneka ragam serta tidak mengandalkan satu jenis bahan pangan pokok yaitu beras saja.

Dijelaskan bunda, pangan sumber karbohidrat yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti beras adalah kelompok pangan umbi-umbian, karena menurutnya karbohidrat yang dihasil umbi-umbian tersebut setara dengan energi yang dihasilkan oleh nasi atau beras.

Sementara itu, terkait dengan lomba cipta menu B2SA yang merupakan program Pokja III TP PKK Kabupaten Rejang Lebong bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut bunda juga sebagai upaya menggali potensi pangan sumber karbohidrat non berasl yang berasal dari seluruh Kabupaten Rejang Lebong.



“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa memasyarakatkan dan mengangkat citra martabat makanan lokal dan pola konsumsi pangan penduduk yang beragam, bergizi seimbangan dan aman,” harap bunda.

Kemudian bunda juga berpesan kepada para peserta lomba, bahwa dalam mengikuti lomba kemarin, para peserta jangan semata-mata mengharapkan hadiah atau pujian. Namun ia berharap setelah mengikuti lomba menu-menu yang mereka tampilkan harus ditindaklanjuti dan dikembangkan bersama masyarakat.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri yang berjumlah empat orang, dalam lomba cipta menu B2SA tahun 2019 ini keluar sebagai juara I adalah Kecamatan Curup Selatan, kemudian juara II Kecamatan Sindang Kelingi dan Juara III adalah Kecamatan Sindang Beliti Ilir. Pemenang ditingkat kabupaten ini nantinya akan mewakili Kabupaten Rejang Lebong ke tingkat Provinsi Tahun 2020 nanti, bila kembali menang maka akan mewakili Bengkulu ke tingkat nasional.(251)