PJU Jalan Nasional Rusak

Salah satu Lampu PJU di kawasan jalan lingkungan masyarakat di Kecamatan Kepahiang yang mengalami kerusakan.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Seluruh lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan nasional mengelami kerusakan, sehingga membutuhkan perbaikan.

Karena merupakan jalan lintas antar daerah yang selalu ramai dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.”Kalau untuk PJU di jalan nasional, hasil pendataan kita semua mengelami kerusakan, ada yang sudah pecah dan ada juga kerusakan tiangnya serta ada juga yang mati,” ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan Kepahiang, Zen Penani MSi.

Zen mengaku, membutuhkan anggaran cukup besar untuk melakukan perbaikan secara keseluruhan PJU tersebut.Maka selain berjuang di APBD Kabupaten Kepahiang, Dinas Perhubungan juga melakukan koordinasi komunikasi ke kementerian terkait guna mendapatkan tambahan anggaran perbaikan di tahun 2021 mendatang.

“Kerusakan semua lampu itu sudah kita sampaikan ke pusat, tentunya kita juga berusaha agar bisa mendapatkan dana untuk perbaikan ke depannya,” sebutnya.

Menurutnya, data diperoleh untuk wilayah Kecamatan Kepahiang saja dari total sekitar 483 titik PJU, ditemukan 187 titik lampu jalan mati dan 200 titik mengalami kerusakan.

Sementara perbaikan yang tahun ini bisa dilakukan oleh Dinas Perhubungan kurang lebih setengah.”Karena keterbatasan anggaran, itupun hanya diprioritaskan pada PJU yang berada di jalan milik kabupaten atau jalan lingkungan masyarakat,” pungkas Zen Penani. (320)