Pjs Bupati BS Evaluasi Pemanfaatan HL

AUDIENSI: Pjs Bupati BS saat audiensi bersama pihak kementerian kehutanan di rumah dinas Bupati BS, Sabtu (10/10) malam.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka untuk memastikan pemanfaatan hutan lindung (HL) yang sudah diberikan kepada warga Bengkulu Selatan (BS), Tim dari Kehutanan dan Lembaga Kehutanan Pusat bersama kepala Kehutanan Provinsi Bengkulu menggelar audiensi pemanfataan hutan lindung oleh masyarakat yang sudah mendapatkan izin di BS.

“Kedatangan tim dari pusat ini untuk melakukan evaluasi pemfaatan HL di BS, mereka turun 2 hari yakni Sabtu dan Minggu,” kata Kepala UPTD KPHL BS, Yanmar melalui Ahmad Sopian, S.Hut Koordinator Penyuluh Kehutanan KPHL BS, Ahmad Sopian SHut, usai mendampingi tim tersebut saat rapat bersama PJs Bupati BS di rumah dinas Bupati BS, Sabtu (10/10) malam.

Dikatakan Ahmad Sopian, kehadiran pihak kementerian melakukan monitoring terhadap izin yang sudah di berikan kepada 3 kelompok di BS. ke-3 kelompak penerima manfaat yang mendapat izin tersebut yakni Gapoktan HUT Cawang Permai di desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang dengan luas lahan 600 ha, KTH Budaya Alam desa Palak Bengkerung, Kecamatan Air Nipis dengan luas lahan 313 ha dan KTH Sulian Besar desa Keban Jati, kecamatan Air Nipis dengan luas lahan 285 ha.

“Dengan telah turunnya izin pemanfaatan HL, diharapkan nanti ada dorongan dari pemda BS seperti dinas koperasi dan UMKM dapat memfasilitasi pemasaran hasil hutan dan dinas pertanian dan pangan dapat memberikan bantuan penyedian bibit atau pupuk, agar usaha penerima izin tersebut dapat lebih maju dan perekonomian mereka meningkat,” beber Ahmad Sopian.

Ditambahkan Ahmad Sopian, saat ini izin tambahan perhutanan sosial seluas sekitar 8000 ha dengan skema HTR dan HKm. Adapun lokasinya di 3 Kecamatan yakni Kedurang, Air Nipis dan Ulu Manna, dengan lokasi pada kawasan HPT Air Kedurang, dengan HL Bukit Rajamandara, HP Air Bengkenang, HL Bukit Riki, HPT Peraduan Tinggi dan HPT Bukit Rabang.

“Kami juga akan terus berikan pembinaan kepada para kelompok penerima izin agar usaha mereka di kawasan HL dan HPT tersebut dapat lebih makmal,” terang Ahmad Sopian.

Pjs Bupati BS,. Isnan Fajri SSos Mkes menyambut baik kegiatan audiensi tersebut, dengan adanya kegiatan audiensi itu dapat menyatukan tekad bersama untuk mendukung serta mensejahterakan masyarakat BS. Dirinya mengaku siap mendukung upaya tersebut, sehingga ke depan pemanfaatan kawasan HL dapat lebih maksimal.

“Kita mendukung upaya peningkatan kesejahteraan para penggarap, kepada tim nantinya dapat mendata apa apa yang dibutuhkan para petani, agar nanti bisa kita bantu,” ujar Isnan. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*