Pino Raya Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

PELATIHAN: Kasi Kelembagaan DPMD BS Beta Efrianti SE MSi mengisi pelatihan peningkatan kapasitas BPD di Desa Talang Padang, Pino Raya, Kamis (10/9).

PINO RAYA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka memaksimalkan kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa Talang Padang, Pino Raya menggelar pelatihan peningkatan kapasitas BPD. Camat Pino Raya l, Hendri Farizal SSos mengatakan, peyelenggaraan pemerintahan Desa yang terpenting bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan mampu meningkatkan daya saing Desanya.

“BPD harus mampu membantu mengelola anggaran Desa, baik itu ADD maupun APD, sehingga Kades, perangkat Desa dan BPD bersenerji dalam pelaksanaan pembangunan di desa,”katanya saat kegiatan di kantor Desa Talang Padang, Pino Raya, Kamis (10/9).

Dirinya berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, BPD dapat bekerja maksimal dan tahu apa yang harus dilakukan dalam memajukan desanya. Kemudian mamju meningkatkan manajemen kerja. Juga bisa selalu saling berdiskusi dan memahu aturan, sehingga pemerintahan desa berjalan lancar tanpa ada hambatan,.

“Sinergitas antara BPD dan Kades sangat perlu agar desa semakin maju,” ujar Hendry.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Syarbaini SSos yang diwakili oleh kasi kelembagaan, Beta Efrianti SE MSi mengatakan pentingnya adanya pelatihan BPD, supaya dapat mengetahui tugas dan fungsinya. Sebab keberadaan BPD ini harus saling bersenerji dengan kades guna mencapai kegiatan yang sejalan, dalam memajukan pemerintah desa. Juga mampu memberikan pelayanan yang baik bagi warga. Sebab BPD bukan tandingan kades dan perangkatnya.

“BPD dan Kades harus sejalan yang harus sama-sama menciptakan tindakan positif dan selaras,’ dalam memajukan desanya, ujar Beta Efrianti.

Dijelaskannya, para anggota BPD harus mengerti hukum serta tugas dan fungsinya sebagai bagian dari pemerintahan desa. Peran BPD sangat strategis dalam tatanan pemerintahan desa. Fungsinya membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja pemerintah desa.Untuk mewujudkan pemerintahan desa yang baik dan profesional yang perlu ditanamkan mitra. karena itu perlu dijalin hubungan yang sinergis dan berimbang sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang. Dengan demikian program-program yang telah disusun akan berjalan baik, lancar dan sukses.

“Semoga dengan adanya pelatihan BPD ini aparatur BPD saling bersemangat untuk membangun persamaan persepsi dan pemahaman baik dalam merumuskan dan merencanakan segala kegiatan berkaitan dengan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan,’’ demikian Beta. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*