Pinjaman Perangkat Desa di Benteng Tembus Rp 24,3 Miliar

Kepala BB Cabang Karang Tinggi, Herman Syafri

BENTENG,bengkuluekspress.com – Kemudahan dalam mendapatkan pinjaman lunak dimanfaatkan para parangkat desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Dari ribuan perangkat desa yang berasal dari 142 desa di 11 kecamatan, tercatat sebanyak 470 orang telah mengajukan pinjaman.
Semuanya mendapatkan kredit dari Bank Bengkulu (BB) hanya dengan menganggunkan surat keputusan (SK) perangkat desa masing-masing.
“Dari total perangkat desa yang ada, Bank Bengkulu telah menyalurkan pinjaman kepada 470 orang dengan total Rp 24,3 miliar,” kata Kepala Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi, Herman Syafri.

Herman menuturkan, proses penyaluran pinjaman perangkat desa telah dilakukan di kantor Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi, Bank Bengkulu Cabang Pembantu Taba Penanjung dan Bank Bengkulu Cabang Pembantu Pondok Kelapa.
“Hasil pendataan kami, hampir setiap bulan terdapat perangkat desa yang mengajukan pinjaman,” akunya.

Lebih lanjut, Herman menuturkan, pemberian pinjaman diawali dengan adanya perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemerintah Desa dan Bank Bengkulu.
Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengecekan terhadap riwayat pinjaman yang bersangkutan apakah ada masalah atau tidak.
“Pinjaman yang disalurkan bervariasi. Dimulai dari Rp 25-75 juta. Untuk pinjaman diatas Rp 25 juta, perangkat desa harus menyerahkan tambahan anggunan. Baik itu sertifikat rumah, kendaraan ataupun perkebunan,” tandasnya.(135)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*