Pinjaman ke SMI Terancam Batal

=foto Helmi Hasan

Jika Tak Cair Tahun Ini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk melakukan percepatan pembangunan melalui dana pinjaman ke PT SMI, terus berlanjut. Meski sudah banyak proses yang dilalui untuk memenuhi persyaratan, namun hingga kini dana pinjaman Rp 250 M tersebut belum juga cair. Walikota H Helmi Hasan SE menegaskan bahwa jika dana SMI itu tidak tuntas tahun 2019 ini, maka pihaknya akan membatalkan usulan pinjaman itu.

“Target kita tahun ini, kalau tidak tahun ini, saya katakan tidak usah, kita ingin tahun ini,” kata Helmi, kemarin.

Dijelaskannya, APBD Kota Bengkulu tidak mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat seperti perbaikan jalan, drainase, lampu jalan, air bersih dan sebagainya. Oleh sebab itu, menjadi dasar kuat bagi pemerintah kota untuk mempercepat pembangunan dengan dana pinjaman ini. Jika prosesnya terlalu lama maka ia kasihan kepada masyarakat yang juga lama tak bisa menikmati lampu jalan, drainase bagus, jalan mulus dan sebagainya, terutama di titik-titik yang memang belum tersentuh pembangunan.

“Insya Allah tidak ada halangan, tapi kita doakan sama-sama karena semangatnya memang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bengkulu. Makanya saya tekan tahun ini agar masyarakat bisa merasakan lampu terang setiap RT, rumah-rumah ibadah, dan gang-gang menjadi terang,” jelasnya.

Menurutnya, meski selama ini Pemkot sudah gencar melakukan pembangunan, namun tetap saja belum bisa merata secara menyeluruh. Hal ini disebabkan faktor dana serta banyaknya usulan yang juga harus diperbaiki. Oleh sebab itu, pihaknya menaruh harapan besar kepada pihak PT SMI untuk segera mempercepat proses pencairan sehingga bisa langsung dikerjakan di tahun ini.

“Kemudian jalan-jalan lingkungan ini juga menjadi harapan masyarakat, saya tarawih keliling, magrib dan subuh, disitu permintaan masyarakat terhadap lampu jalan cukup tinggi,” pungkasnya. (805)