Pimpinan DPRD Kaur Minta Masyarakat Awasi Pembangunan

BINTUHAN,BE – Wakil Ketua (Waka) 1 DPRD Kaur Juraidi SIP, meminta masyarakat Kaur, berperan aktif mengawasi pelaksanaan pembangunan. Mengingat pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa tidak boleh dilepas begitu saja, harus diawasi oleh masyarakat. Karena, pembangunan menyangkut kepentingan orang banyak.

“Masyarakat yang melihat langsung perkembangan pembangunan di lingkungan masing-masing. Karenanya, peran masyarakat dalam pengawasan pembangunan desa ini sangat diperlukan,” kata Juraidi pada bengkuluekspress.com.

Menuruy Juraidi, pembangunan desa bersumber dari dana desa dan alokasi dana desa (DD dan ADD) dinilai sangat rawan terjadi penyimpangan. Untuk itu, selain penegak hukum harus melakukan pengawasan. Pengawasan dari semua pihak termasuk masyarakat sangat diharapkan, agar penggunaan DD dan ADD sesuai harapan dan tepat sasaran.

“Mudah-mudahan penggunaan DD nantinya dapat berjalan lancar sehingga tidak ada kepala desa maupun aparaturnya yang dipenjera,” katanya.

Ditambahkan politisi partai PDIP ini, ia selalu mengingatkan dengan cukup keras kepada Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Kaur, agar menggunakan ADD dan DD itu secara tepat. Kades pun juga harus memahami dan menaati tata cara penggunaan dan pertanggungjawaban penggunaan ADD dan DD. Jangan sampai karena ketidak tahuan itu, ADD dan DD jadi tidak terserap dengan baik atau terserap, tetapi tidak pada peruntukkan yang tepat.

“DD dan ADD dipergunakan bagi pembangunan infrastruktur di desa. Seperti jalan, jembatan dan keperluan desa lainnya sesuai hasil musyawarah dengan warga. Agar pembangunannya dirasakan masyarakat,” jelasnya. (618)