Pilkades Tanpa Sengketa

Bupati Rejang Lebong saat memantau pelaksanaan Pilkades serentak 20 Februari lalu. Hingga batas akhir penyelesaian sengketa, panitia kabupaten tak menerima laporan terkait sengketa Pilkades tahap III tersebut.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Meskipun sebelumnya ada laporan terkait dengan indikasi kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahap III di Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu lalu.

Namun belakangan diketahui Pilkades di Kabupaten Rejang Lebong ditetapkan tanpa sengketa dan sudah berjalan ketahapan selanjutnya.”Kalau masalah sengketa Pilkades, Alhamdulillah sesuai jadwal pertahapan, yaitu selama tiga hari masa sengketa kita tidak menerima laporan sengketa,” sampai Kepala Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Suradi Rifai melalui Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana SSTP MSi.

Sementara itu, terkait dengan adanya laporan dugaan money politik dalam Pilkades di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang, Bobby mengaku pihaknya sudah mendengar perihal tersebut.

Dimana menurutnya laporan tersebut disampaikan langsung ke pihak penegak hukum dalam hal ini Polres Rejang Lebong.”Kalau di kami tidak ada, sehingga kami anggap dalam tiga hari masalah sengketa kemarin tidak ada laporan, di Polres juga sudah kami koordinasikan terkait laporan tersebut, katanya akan mereka pelajari dulu,” tambah Bobby.

Terkait dengan mekanisme sengketa Pilkades sendiri, menurut Bobby sebelumnya telah ditetapkan, yaitu bila di desa terjadi sengketa, maka tahapan penyelesaian sengketa yaitu pihak yang menggugat menyampaikan gugatannya ke panitia pengawas desa, kemudian panitia pengawas berkoordinasi dengan BPD, setelah itu BPD menyampaikan ke camat dan camat menyampaikan ke panitia kabupaten dan pihak hukum.

“Kalau melihat gugatan di Desa Taba Padang ini tidak sesuai dengan prosedur, karena mereka tidak bisa melewatkan pengawas di bawah,” tegas Bobby.

Dengan tidak adanya gugatan dari tahapan Pilkades di 56 desa di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, maka menurutnya saat ini tahapan Pilkades sudah ke tahapan selanjutnya yaitu sudah masuk pada penerimaan laporan Kades terpilih yang disampaikan oleh BPD.

Setelah itu pihaknya akan menyiapkan SK pengesahan dan pelantikan Kades terpilih.”Untuk pelantikan Kades terpilih, belum kita tentukan tanggalnya namun akan dilaksanakan diawal bulan Maret ini,” demikian Bobby. (251)