Pilkades Serentak Sudah Masuk Tahap Pendaftaran


F-1-Ilustrasi-Pilkades-1
Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilakukan pada bulan November mendatang untuk di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), sudah memasuki tahapan pendaftaran. Dimana pembukaan pendafataran calon kades dimulai sejak tanggal 13 Juni hingga 25 Juni 2019. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Bengkulu Utara Drs Sudaraman S ketika ditemui Bengkulu Ekspress diruang kerjanya kemarin (20/6).

“Ya untuk Pilkades serentak di Kabuapeten Bengkulu Utara sudah masuk tahap pemdaftaran, dimana sudah dimulai dari 13 Juni lalu,” kata Sudarman.

Sudarman menambahkan, meski sudah seminggu berjalan, hingga saat ini baru beberpa orang yang telah mendaftarkan diri untuk ikut bertarung dalam Pilkades, namun untuk jumlahnya sendiri pihaknya tidak mengetahui secara pasti yang telah mendaftar diri. “Kalau secara pasti kita tidak tahu jumlahnya yang telah mendaftar,” ungkapnya.



Lebih lanjut Sudarman menyampaikan, apabila hingga batas waktu yang telah ditentukan, akan dilakukan perpanjangan waktu pendafataran. “Apabila sendainya masih kosong dalam tahap pendafatran tahap pertama, kita akan melakukan perpanjangan waktu. Dimana perpanjangan waktu tersebut 9 hari kerja,” terangnya.

Sudarman juga menerangkan, untuk di Kabupaten Bengkulu Utara Pilkades serentak ini, ada 13 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut dari 215 Desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk setiap satu Desa maksimal calon kades sebanyak 5 orang, apabila lebih dari 5 maka akan dilakukan seleksi oleh pihak panitia desa.

“Untuk Pilkades serentak ini di Kabupaten Bengkulu Utara ada sekitar 13 Desa yang melaksanakan Pilkades, antusias masyarakat cukup tinggi, terbukti 13 desa yang mengikuti Pilkades seluruh warganya sudah masuk kedalam DPT,” tukasnya.(127)