Pilkades Serentak Bengkulu Selatan Digelar 28 Juni

Hamdan Syarbaini SSos

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Syarbaini SSos memastikan tahun inj pemilihan kepala desa ( pilkades) serentak akan digelar. Bahkan pihaknya sudah menyusun rencana tahapan Pilkades tersebut.

“Insya Allah, 28 Juni nanti kita akan gelar pilkades serentak,” katanya.

Dikatakan Hamdan, desa yang akan menggelar Pilkades serentak pada 28 Juni nanti sebanyak 127 desa dari 142 desa se BS. Sedangkan sisanya yakni 15 desa lagi, baru akan menggelar Pilkades pada tahun depan. Sebab masa jabatan kades di 15 desa tersebut pada tahun depan. Dengan adanya rencananya pelaksanaan pencoblosan kades 28 Juni , Hamdan mengaku sudah mengirimi Badan Perwakilan Desa (BPD) masing-masing desa untuk membentuk panitia pilkades.

“Mulai saat ini, masing-masing desa sudah bisa.membentuk panitia pilkades, agar nanti para calon kepala desa bisa mulai mendaftar,” ujarnya.

Dijelaskan Hamdan, untuk Pilkades nanti calonnya minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Adapun persyaratannya, minimal lulusan SMA sederajat, usia minimal.25 tahun, tidak sedang dalam menjalani pidana, tidak pernah menjalani pidana dengan vonis 5 tahun atau lebih, bebas Narkoba, tidak tersandung kasus asusila dan syarat-syarat lainnya. Sehingga bagi calon yang kurang paham dan belum mengerti mengenai syarat pencalonan kades, dirinya mengimbau untuk dapat bertanya atau berkoordinasi ke pihaknya. Sehingga dirinya siap memberikan informasi terkait pilkades tersebut.

“Bagi yang kurang paham, silahkan hubungi kami,kami siap memberikan informasinya, jika semua tahapan berjalan lancar, kades terpilih dilantik paling lambat Agustus,” demikian Hamdan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*