Pilkades Seluma Dijadwalkan September

TAIS, bengkuluekspress.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Seluma yang diikuti 38 desa rencananya akan digelar pada September mendatang. Namun, pelaksanaan Pilkades ini belum tentu dapat dilaksanakan, mengingat masih suasana pandemi covid 19 yang tidak boleh mengumpulkan orang banyak.

“Diagendakan sekitar bulan September, kepastiannya masih kita susun,” tegas Plt Kepala Dinas PMD Drs Agusjun Fadlillah kepada wartawan.

Dijelaskan, pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan Pilkades serentak pada September mendatang. Namun, untuk kepastian tanggalnya belum dapat dipastikan. Menurutnya, untuk pelaksanaan Pilkades ini telah dipersiapkan anggaran sebesar Rp1 Miliar. Hanya saja, saat pihak dinas masih menunggu Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Setelah DPA diterima, barulah dapat diketahui berapa total anggaran yang disetujui untuk pelaksanaan Pilkades.

“Yang jelas anggaranya ada, tapi belum tahu kepastiannya,” tambahnya.

Sementara itu, hingga saat ini, Dirjen Bina Pemerintah desa belum mengeluarkan surat ke Pemda untuk memperbolehkan melakukan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sementara ini, BPD yang sudah habis masa jabatannya sudah dilakukan perpanjangan dan belum ada desa yang melakukan pemilihan BPD. “Kalau Pilkades ini diperbolehkan, mungkin nanti BPD juga diperbolehkan,” tandasnya.

Sejauh ini BPD yang lama sudah diaktifkan kembali sampai batas waktu diperbolehkannya dilakukan pemilihan BPD. Karena Kemendagri melarang adanya kerumunan di masa pandemi covid 19 seperti saat ini. (333)