Pilkades Besok, Pemilih Wajib Terapkan Prokes

RAKOR: Perwakilan Dirjen OTDA Kemendagri saat menggelar Rakor kesiapan pelaksanaan Pilkades Serentak dalam Pemantauan Prokes di Kabupaten Kaur bersama Wabup Kaur dan pihak terkait di ruang kerja Wabup Kaur, Jum’at (26/2).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak untuk 115 desa di Kabupaten Kaur akan berlangsung besok Minggu (28/2). Pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Upaya ini harus dilakukan dengan baik agar aman dari penularan virus korona. Hal ini disampaikan Roni Abu Hasan SP MH selaku Perwakilan Dirjen OTDA Kemendagri saat menggelar Rakor kesiapan pelaksanaan Pilkades Serentak dalam Pemantauan Prokes di Kabupaten Kaur bersama Wabup Kaur dan pihak terkait di ruang kerja Wabup Kaur, Jum’at (26/2).

“Kita tahu Kabupaten Kaur besok Minggu (28/2) akan melaksanakan Pilkades. Nah, saya mengimbau setiap desa atau TPS agar memastikan betul penerapan Prokes Covid-19 seperti halnya pelaksanaan Pilkada 2020 lalu,” kata Roni dalam Rakornya, Jum’at (26/2).

Dikatakannya, pihaknya turun ke Kabupaten Kaur ini guna memastikan pelaksanaan Pilkades di 115 desa ini sudah sesuai Prokes atau tidak. Dimana salah satu hal yang ditekankan di dalam Permendagri mengenai aturan pembatasan kapasitas pemilih yang mencoblos di TPS. Bahwa pada saat pencoblosan dan penghitungan, selain Panitia Pilkades tidak ada masyarakat yang masuk ke lokasi serta seluruh panitia dan pemilih serta masyarakat yang hadir di lokasi TPS wajib menggunakan masker.

“Di sini selain Prokes, kita minta panitia Pilkades agar dapat menyiapkan ambulance bilamana terdapat kendala kesehatan. Juga bilik khusus bagi pemilih yang suhu badan tinggi diatas 37 serta bagi pemilih Lansia,” terangnya.

Ditambahkannya, jika ada TPS yang memaksakan dengan tidak mengindahkan protokol kesehatan sehingga akan berpotensi Pilkades Kabupaten Kaur tidak sah atau dianulir karena tidak mempedomani Permendagri. Juga untuk memastikan pelaksanaan Pilkades sesuai Prokes. Dimana pada pencoblosan yakni pada hari Minggu (28/2) akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi monev Pelaksanaan Pilkades.

“Nanti kita minta panitia Pilkades agar mengambil TPS secara sample via zoom meeting yang terhubung langsung ke pihak Kemendagri. Kita harap pelaksanaan Pilkades Kaur ini berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Wabup Kaur, Hj Yulis Suti yang hadir dalam Rakor itu berharap pelaksanakan Pilkades Kaur ini dapat berjalan aman dan lancar. Juga Wabup mengingatkan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk datang menyalurkan hak suaranya ke TPS pada 28 Februari besok.

“Harapan kita pelaksaan Pilkades ini berjalan lancar dan aman. Juga kita minta masyarakat agar selalu menerapkan Prokes dan jangan lupa saat datang ke TPS nanti gunakan masker,” imbaunya.

Di lain sisi, jajaran Polres Kaur Jum’at (26/2) menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak tahun 2021. Dimana dalam mengamankan Pilkades ini Polres Kaur mengerahkan sebanyak 178 personel untuk ditempatkan di 167 tempat pemungutan suara (TPS).

“Apel pergeseran ini merupakan bagian dari kesiapan polri dalam rangka pengamanan Pilkades serentak yang akan digelar besok Minggu (28/2). Kita berharap anggota yang bertugas agar selalu mematuhi prokes dan berharap pelaksanaan Pilkades ini aman dan lancar,” harap Kapolres. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*