Pilkada Seluma, Hujan Petir Tak Halangi Edison-Khairi Yulian Daftar Pertama

Jef/BE
Bapaslon Edison Simbolon dan Khairi Yulian secara resmi mendaftar ke KPU Seluma sekitar pukul 15.30 WIB.

TAIS, bengkuluekspress.com  – Proses pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Edison Simbolon dan Khairi Yulian secara resmi kemarin mendaftar ke KPU Seluma. Pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat, PDIP serta PAN itu tiba di Kantor KPU Seluma sekitar pukul 15.30 WIB. Atau mundur beberapa jam dari waktu yang disampaikan sebelumnya sekitar pukul 13.00 WIB.

Pendaftaran Bapaslon pertama ini diwarnai hujan petir. Pasalnya, wilaya Kabupaten Seluma diguyur hujan deras sejak pukul 13.30 WIB. Bahkan sampai proses pendaftaran berlangsung, hujan deras disertai petir masih tetap melanda.
Datang menggunakan mobil Toyota Fortuner BD 1 ES, bapaslon ini datang kompak menggunakan baju kemeja putih. Serta setelah celana panjang warna hitam. Keduanya diiringi oleh massa sekitar 40 orang. Termasuk ketua parpol, seperti Ketua DPC PDIP Seluma Nofi Erian Andesca, SSos serta ketua parpol lainnya. Keduanya diterima oleh Seluruh komisioner KPU Seluma.
Setelah sebelumnya menyerahkan semua berkas kepada panitia penerimaan berkas. Serta semua berkas disemprot menggunakan disinfektan. Untuk memastikan tidak terpapar covid-19.
Pasangan ini diterima diruangan khusus penerimaan berkas.  Ketua KPU Seluma Sarjan Effendi, SE mengatakan bahwa seluruh berkas diperiksa bersama dengan pokja. “Semua berkas yang kami terima kami periksa secara faktual. Melibatkan tim,” tegasnya.
Kemudian sempat terjadi perdebatan. Karena SK B1 KWK masih ditanda tangani oleh SBY. Sedangkan saat ini ketua umumnya adalah AHY. Sehingga tim LO memberikan penjelasan bahwa SK B1 KWK tersebut tetap sah dan berlaku. “Memang sempat menjadi pertanyaan kami. Karena saat pemeriksaan B1 KWK masih ditanda tangani oleh SBY. Bukan AHY. Tapi saat kami periksa ternyata berlaku sampai 2023. Sehingga tidak ada permasalahan lagi. Untuk semua persyaratan yang dibutuhkan sebagai kelengkapan syarat mendaftar sebagai pasangan calon,” tegasnya siang kemarin.
Lebih lanjut, Sarjan mengatakan bahwa semua berkas yang sudah dimasukkan akan diperiksa secara faktual. Termasuk nanti salah satunya masalah ijazah. Pokja akan melakukan pemeriksaan sampai ke sekolah tempat calon yang bersangkutan. Sehingga dipastikan semua persyaratan sesuai dengan aslinya. “Semua pokja dilibatkan, untuk memeriksa kesiapan berkas pasangan calon,” tegasnya.
Sementara itu, dari informasi yang diterima. Setelah pasangan edison dan Yuli mendaftar ke KPU Seluma Jumat (4/9) kemarin. Hari ini Sabtu (5/9) giliran pasangan Suparto dan Tamtam Ail yang akan mendaftar. Kemudian besok Minggu (6/9) pasangan Erwin dan di mengeluarkan surat pemberitahuan mengenai hal yang harus diperhatikan oleh pasangan calon sebelum mendaftar ke KPU. (333)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*