Pilkada Butuh Rp 5 Miliar

duit
foto : ist

TAIS, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk persiapan dan pelaksanaan awal pemilihan kepala daerah (pilkada). Anggaran tersebut diusulkan dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Perubahan 2019 ini. Usulan kebutuhan anggaran sendiri segera disampaikan oleh KPU Seluma ke Pemkab Seluma.

“Untuk dana awal pelaksanaan tahapan Pilkada Seluma ini, kami membutuhkan sekitar Rp 5 miliar. Usulan yang kami sampaikan. termasuk dengan rincian kebutuhan anggarannya,” tegas Ketua KPU Seluma Sarjan Effendi SE kepda Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, anggaran tersebut untuk pemutakhiran data pemilih. Kemudian, pembentukan PPK dan PPS, sosialisasi pelaksanaan Pilkada Seluma. Termasuk untuk kegiatan tahapan awal lainnya.  Menurutnya, untuk kebutuhan membayar gaji petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saja dibutuhkan anggaran sebesar Rp 700 juta untuk kebutuhan gaji dari September sampai Desember 2019 ini. Kemudian, untuk kebutuhan pembayaran gaji tenaga petugas PPS dari September sampai Desember sebesar Rp 3,1 miliar.

“Jadi untuk honor petugas PPK dan PPS saja dibutuhkan kebutuhan anggaran sebesar Rp 3,8 miliar. Belum lagi ditambah kebutuhan yang lainnya,” tegas Sarjan Effendi.

Selain itu, juga dibutuhkan anggaran untuk kegiatan proses seleksi PPK dan PPS. Termasuk untuk kebutuhan alat tulis kantor (ATK) serta kebutuhan lainnya. KPU Seluma meminta Pemkab Seluma melalui tim anggaran pemerinth daerah (TAPD) untuk menganggarkan dalam APBD perubahan 2019, agar proses pelaksanaan Pilkada Seluma bisa berjalan dengan lancar.“Sedangkan, untuk kebutuhan anggaran secara menyeluruh dibutuhkan anggaran sekitar Rp 15 miliar. Anggaran ini nanti untuk kebutuhan ditahun 2020,” pungkas Sarjan. (333)